Power Bank 5000mAh Tahan Berapa Lama? Untuk Semua Merk!

Cas Powerbank

Power bank 5000mah tahan berapa lama – Beragam tipe merk power bank dengan kapasitas berbeda-beda. Adapula dengan adanya kapasitas hingga 5000mah membuat anda lebih lama untuk mempergunakannya.

Pada umumnya, power bank digunakan untuk cadangan baterai seperti cas handphone. Hal ini membuat anda lebih praktis tidak membawa charger ketika berpergian jauh, dengan kapasitas yang tinggi 5000mah bisa digunakan hingga 3 kali cas penuh.

product

Bagan Artikel

Salah satu paramenter penting sebuah power bank adalah kapasitasnya dalam satuan mAh. Seperti contoh power bank dinamai sesuai dengan kapasitasnya contohnya adalah “Power Bank 5000mAh”.

Perlu diketahui, satuan mAh atau mili ampere hour artinya adalah hasil kali antara arus (mA/mili ampere) dengan jam (hour). Jadi bisa disimpulkan dapat memberikan arus 5000mAh selama 1 jam atau 2500mAh selama 2 jam, atau 1000mAh selama 5 jam. Lalu berapa lama tempo habis power bank 5000mAh ? Berikut ini adalah penjelasan mengenai tempo habis power bank 5000mAh.

Power Bank 5000mAh Tahan Berapa lama ?

Tahan berapa lama power bank

Dalam sebuah power bank, besaran kapasitas baterai tentunya menjadi patokan untuk menentukan ketahan berapa lama bisa digunakan.

Namun, ada beberapa pengguna power bank 5000mAh telah melakukan percobaan, hingga mereka menemukan bahwa ketahanan power bank 5000mAh bisa mencapai 16 jam. Cukup lama bagi pengguna smartphone bisa digunakan beberapa kali, dapat disimpulkan jika anda ingin melakukan pengisian daya sehari hanya bisa 1 kali dalam 16 jam.

Daya tahan hingga 16 jam jika digunakan untuk pengisian daya pada smartphone dalam 1 hari bisa untuk keperluan seperti streaming video, sosial media dan bermain game. Namun, jika anda menggunakan power bank 5000mAh hanya untuk kebutuhan secukupnya bisa dipergunakan 48jam.

Selain power bank, smartphone juga memiliki baterai hingga 5000mAh contohnya seperti Vivo,Oppo,Xiaomi, Samsung, dan lain-lain. Meskipun kapasitas yang ditawarkan sama, namun daya tahan ternyata berbeda-beda pada setiap merk smartphone.

Seperti contoh smartphone Vivo Y50 mempunyai kapasitas baterai hingga 5000mAh dan bisa digunakan hingga 34 jam untuk network call. Jika digunakan untuk memutar video dapat bertahan 12,7 jam dan disaat bermain game bisa digunakan hingga 11,35 jam.

Apabila smartphone Samsung Galaxy A31 dengan kapasitas 5000mAh mampu bertahan selama 24 jam dengan pemakaian normal seperti mempergunakan untuk Whatsaap. Sedangkan Oppo A16 bisa dipergunakan dalam 24 jam tanpa isi ulang daya. Apabila kapasitas baterai 100%, anda bisa mempergunakan berbagai aktivitas melalui smartphone Oppo A16.

Spesifikasi Kapasitas Power Bank

Kapasitas power bank mi

Perlu diketahui angka mAh pada power bank dapat dipakai untuk menghitung jumlah pengisian yang dapat dilakukan, contohnya.

  • Efisiensi pada power bank diperhitungkan DC to DC converter saat ini sudah mempunyai efisiensi cukup tinggi, bisa disimpulkan pakai angka efisiensi 80% – 90%.
  • Kapasitas baterai power bank biasanya turun dengan berjalan waktu dalam penggunaan anda.
  • Tegangan referensi sering dipakai pada powerbank. Jika sama-sama Lithium-ion, maka tegangan referensinya adalah sama-sama 37 volt.

Saya akan mengambil kesimpulan dari spesifikasi “Mi Power Bank 5000mAh”, berikut ini adalah spesifikasinya menurut mi.co.id.

ModelNDY -02-AM
Tipe BateraiSel rechargeable Lithium-ION
Voltase InputDC 5.0V
Voltase OutputDC 5.1V
Arus Input2000mA(TYP)
Arus Output2100mA(TYP)
Kapasitas Terpasang3.75V/5000mAh(TYP)
Waktu Pengisian Ulang3,5 jam dengan charger 5V/2A dan kabel standar
Ukuran125 * 69 * 9.9mm
Deteksi BebanMendeteksi koneksi dan diskoneksi secara otomatis
KeamananPerlindungan dari voltase berlebih (input maupun output), arus berlebih (input maupun output), korsleting,over-charge,over-discharge, dan Battery Positive Temperature Coefficient
Proteksi dari kehilangan dayaOtomatis menyala apabila disambungkan
Temperatur Charging0℃-45℃ (TYP)
Temperatur dischargingAwal -20℃ +60℃(TYP)
Berat156g

Tertera pada spesifikasi diatas “Kapasitas terpasang 3.75V/5000mAh (TYP).

  • 3.75V adalah tegangan baterai internal pada power bank, yaitu baterai Lithium-ion. Baterai Lithium-ion mempunyai tegangan output antara 3.6 volt sampai 3.85 volt.
  • 5000mAh merupakan kapasitas power bank cukup besar. Jika diartikan dengan energi total yang dapat diberikan adalah 3.75 volt x 5000mAh = 18.75 Wh.
  • TYP artinya typical dalam bahasa umumnya kapasitas ini dapat bervariasi.

Nah, setelah anda membaca pembahasan dari iteachandroid.com mengenai power bank 5000mAh. Tentunya anda lebih paham berapa daya tahan lama sebuah power bank yang cukup besar kapasitasnya. Sekian dari saya, nantikan informasi selanjutnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *