Apakah Tiktok Lite Boros Kuota ? Berikut Cara Agar Lebih Hemat

Apakah TikTok Lite Boros Kuota

Apakah Tiktok Lite Boros Kuota – TikTok Lite memang dikhususkan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah, karena memiliki file size yang lebih kecil dibandingkan aplikasi TikTok biasa. Namun, untuk fitur dan secara keseluruhan di dalam aplikasi tersebut keduanya masih menampilkan hal yang sama.

TikTok memang dikenai sebagai platform berbasis video, sehingga banyak orang mengaitkannya dengan pemborosan kuota, seperti YouTube. Untuk mengatasi boros kuota dan penyimpanan tidak memadai, ByteDance sebagai developer TikTok meluncurkan alternatif lewat TikTok Lite ini.

Namun, apakah memang benar jika TikTok Lite tidak boros kuota? Kan aplikasinya lebih ringan, jadi lebih sedikit menggunakan paket internet? Banyak dari mereka pengguna TikTok Lite yang mempertanyakan soal boros tidaknya penggunaan paket data ketika mengakses aplikasi untuk melihat video.

Nah, buat kalian yang bertanya-tanya apakah TikTok Lite boros kuota? Berikut ini iteachandroid.com akan berikan penjelasannya dan cara hemat pakai TikTok Lite. Jadi, buat kalian yang penasaran dengan jawabannya, maka silahkan cari jawabannya sendiri dengan membaca artikel lengkap di bawah ini.

TikTok Menghabiskan Berapa MB ?

TikTok Menghabiskan Berapa MB

Untuk menentukan apakan TikTok Lite boros atau tidaknya, maka dapat ditentukan berdasarkan penggunaan data. Pertama, cari tahu terlebih dahulu berapa MB kuota yang dihabiskan untuk menonton video di TikTok Lite, dan disini kami sajikan jumlah MB kuota yang dihabiskan dalam waktu 1 jam.

Baik TikTok maupun TikTok Lite, akses aplikasi akan menghabiskan 840 MB per jam. Itu artinya, dalam waktu 1 jam kalian membutuhkan kuota sekitar 1 GB untuk menonton video di TikTok Lite.

Lalu, apakah ini dapat dikatakan boros? Itu sebenarnya tergantung pada pribadi masing-masing. Akan tetapi, jika ingin penjelasan lebih lengkap lagi, silahkan kalian simak ulasan di bawah ini.

Apakah TikTok Lite Boros Kuota ?

Apakah TikTok Lite Boros Kuota

Lantas, apakah TikTok Lite boros kuota? Dari jumlah kuota yang dihabiskan dalam waktu 1 jam, maka bisa disimpulkan bahwa TikTok Lite itu boros kuota. Penggunaan sekitar 840 MB per jam adalah jumlah yang besar dan jika kalian mengakses TikTok selama 10 jam sehari, maka menghabiskan sekitar 9 GB.

Jika harga kuota 1 GB sekitar Rp. 3.000.- maka dalam sehari kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 27.000.- hanya untuk mengakses aplikasi TikTok. Maka sudah dapat dipastikan jika Tiktok Lite boros kuota. Namun, jangan khawatir karena di bawah ini, kami bagikan cara agar lebih hemat kuota.

Cara Hemat Kuota TikTok Lite

Cara Hemat Kuota TikTok Lite

Mungkin ini yang menjadi kelebihan dari TikTok Lite dibandingkan TikTok biasa, dimana dalam hal penggunaan kuota setiap pengguna dapat mengontrol dan mengelola penggunaan kuota. Dengan kata lain, kalian dapat mengatur agar TikTok Lite tidak terlalu memakan banyak kuota data.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar penggunaan data untuk akses TikTok Lite menjadi lebih hemat. Adapun cara hemat kuota TikTok Lite, silahkan simak tutorialnya pada ulasan berikut ini.

1. Aktifkan Fitur Penghemat Data

Nah, pada aplikasi TikTok Lite, pengguna telah disediakan fitur penghemat data agar penggunaan kuota tidak terlalu banyak. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur penghemat data.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi TikTok Lite di smartphone kalian.
  2. Kemudian, ketuk menu Saya di sudut kanan bawah.
  3. Pada halaman profil, silahkan ketuk 3 Titik di sudut kanan atas.
  4. Maka kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan, silahkan cari menu Penghemat Data. Lalu, geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan fitur penghemat data agar tidak boros.

Setelah fitur penghemat data TikTok Lite aktif, maka kalian tidak perlu khawatir lagi kuota internet cepat habis. Namun, sebagai catatan kalian tetap harus mengontrol penggunaan aplikasi ini.

2. Membatasi Waktu Penggunaan

Cara kedua yaitu dengan mengaktifkan manajemen waktu. Dengan fitur ini, kalian tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu di TikTok dan berikut ini adalah langkah-langkah melakukannya.

  1. Pertama-tama, bukalah aplikasi TikTok dan ketuk menu Saya.
  2. Kemudian, pilih menu Privacy and Settings > Ketuk Digital Wellbeing.
  3. Lalu, ketuk menu Screen Time Management. Default dari TikTok akan mengaturnya dalam posisi mati, sehingga kalian hanya perlu mengaktifkannya.
  4. Selanjutnya, ketuk tombol warna merah yang menunjukkan bahwa tombol tersebut akan mengaktifkan screen time management.
  5. Kalian dapat mengatur berapa lama kalian boleh membuka TikTok disana.
  6. Terakhir tinggal tambahkan password yang nantinya akan digunakan sebagai autentifikasi pada saat batas waktu sudah tercapai.

3. Membatasi Penggunaan Data

Cara selanjutnya untuk menghemat pemakaian kuota agar tidak boros adalah dengan membatasi penggunaan data. Adapun cara membatasi penggunaan data saat memakai TikTok yaitu:

  1. Buka menu Pengaturan Telepon di HP kalian.
  2. Kemudian, pilihlah menu Koneksi.
  3. Selanjutnya, ketuk menu Penggunaan Data.
  4. Lalu, silahkan cari aplikasi TikTok Lite dan matikan opsi Izinkan Data Menyala di Latar Belakang.
  5. Jika sudah, maka kini kalian tidak perlu khawatir boros kuota TikTok Lite.

Nah, itulah penjelasan lengkap dari iteachandroid.com tentang apakah TikTok Lite boros kuota disertai dengan cara hemat kuota TikTok Lite. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga membantu.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.