7 Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan di Galeri Secara Otomatis

Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan di Galeri

Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan di Galeri – Siapa disini yang tidak kenal dengan aplikasi chatting WhatsApp? Mungkin sebagian pengguna smartphone di dalamnya ada aplikasi WhatsApp atau WA untuk kepentingan komunikasi setiap harinya.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan gratis dan memungkinkan pengguna bisa kirim-mengirim pesan teks, panggilan suara, foto, gambar, video, file bahkan lokasi pengguna. Mungkin sudah tidak perlu bahas lagi fungsi kegunaannya.

Citayam

Dalam beberapa kasus file seperti foto dan lainnya yang dikirim pengguna WA lain, perlu didownload terlebih dahulu untuk bisa membukanya. Rupanya pengguna WhatsApp bisa atur foto dan video agar bisa tersimpan di galeri secara otomatis.

Lantas bagaimana cara agar foto dari teman bisa tersimpan di galeri tanpa harus download? Membahas mengenai itu, kami akan sampaikan bagaimana cara agar foto WhatsApp tersimpan di galeri secara otomatis. Simak langkah caranya di bawah ini.

Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan di Galeri

Kenapa Foto WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri?

Untuk menjawab pertanyaan kenapa foto atau gambar yang di kirim pengguna WhatsApp lain tidak bisa terunduh atau tersimpan langsung di galeri ada dua kemungkinan. Pertama Anda pengguna WhatsApp tidak mengaktifkan fitur unduh foto otomatis.

Kedua, bisa jadi karena ruang penyimpanan ponsel atau HP Anda cukup penuh, sehingga foto yang dikirim pengguna lain tidak masuk ke galeri meskipun sudah aktifkan fitur unduh foto otomatis sudah diaktifkan. Secara umum dua faktor tersebut yang akibatkan foto tidak langsung tersimpan.

Kelebihan & Kekurangan Fitur Simpan Foto Otomatis

Namun sebelum lanjut ke pembahasan cara agar foto WA terunduh atau tersimpan otomatis, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan dari fitur ini. Sebenarnya fitur tersimpan otomatis ini akan melihat dari sisi pengguna.

Jika memang pengguna WhatsApp malas dan enggan download satu persatu file yang dikirim pengguna WhatsApp lain, mungkin fitur ini sangat membantu. Karena dengan pengaktifan akan dengan sendirinya foto gambar akan tersimpan di galeri.

Sebaliknya jika pengguna ingin hemat kuota dan ruang penyimpanan HP kecil, maka banyak yang tidak mengaktifkannya. Seperti diketahui jika sebuah file foto, video, pesan suara dan lainnya di WhatsApp perlu ruang penyimpanan.

Masalah ini datang bagi para pengguna yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan HP kecil, karena bisa membuat ruang penyimpanan cepat penuh, akibat foto dan gambar akan secara otomatis tersimpan di galeri. Dengan begitu, menonaktifkan menjadi pilihan yang tepat.

Cara Agar Foto WhatsApp Tersimpan di Galeri

Jika sudah tahu apa kelebihan dan kekurangan dari fitur simpan otomatis di atas, maka selanjutnya mari kembali ke pembahasan utama mengenai cara agar foto WhatsApp tersimpan di galeri secara otomatis. Mungkin cara ini bisa membantu pengguna WhatsApp yang ingin melihat foto hasil kiriman teman langsung di galeri.

Bisa dikatakan caranya sangatlah mudah untuk dilakukan, namun dari beberapa pengguna WhatsApp masih ada yang merasa bingung. Terkait hal itu tidak perlu khawatir, kami sampaikan cara agar foto WA dari teman bisa tersimpan di galeri langsung. Untuk lebih jelas mengenai caranya, bisa simak langkah di bawah ini.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah awal silakan buka dan jalankan aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone Anda. Pastikan sudah terkoneksi dengan internet lancar.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Klik Titik Tiga

Jika sudah berhasil membuka aplikasi WhatsApp, maka akan ditampilkan halaman utama berupa tampilan chatting. Disini silakan klik saja “Titik Tiga” di pojok kanan atas.

2. Klik Titik Tiga

3. Pilih Setelan

Setelah itu muncul beberapa pilihan opsi. Untuk atur agar foto tersimpan di galeri secara otomatis, silakan pilih dan klik menu “Setelan”.

3. Pilih Setelan

4. Pilih Penyimpanan dan Data

Dengan begitu Anda akan di bawa ke menu baru, ada beberapa pilihan menu baru lagi. Disini Anda hanya perlu memilih dan klik di bagian opsi “Penyimpanan dan Data”.

4. Pilih Penyimpanan dan Data

5. Lihat Pilihan Unduh Otomatis Media

Anda akan diarahkan ke menu tampilan seperti gambar di bawah ini. Silakan lihat di bagian ‘Unduh otomatis media’ lalu klik di bagian “Saat menggunakan data seluler”.

5. Lihat Pilihan Unduh Otomatis Media

6. Klik Centang Bagian Foto

Setelah itu tinggal klik atau beri centang pada bagian foto. Anda juga bisa centang dibagian audio, video dan dokumen sesuai dengan kebutuhannya.

6. Klik Centang Bagian Foto

7. Klik Oke

Dengan berhasilnya memberi centang di bagian foto di atas, maka Anda tinggal klik “Oke” guna mengakhiri pengaktifan fitur unduh otomatis tersebut.

7. Klik Oke

Dengan begitu, foto atau gambar WhatsApp bisa langsung terunduh dan tersimpan di galeri ponsel. Dari proses tersebut pengguna WhatsApp tidak perlu mengunduh terlebih dahulu file foto guna melihatnya.

Untuk proses agar foto tersimpan di galeri otomatis di atas, kami contohkan menggunakan perangkat Android. Bagi pengguna iOS / iPhone tidak perlu khawatir. Karena bisa dibilang cara aktifkan fitur unduh foto dan gambar otomatis langkahnya sama.

Kesimpulan

Dengan mengaktifkan atau memilih foto agar tersimpan di atas, maka akan secara otomatis foto, gambar, video atau pun dokumen yang dikirim dari pengguna WhatsApp lain secara langsung tersimpan di galeri HP Anda. Anda bisa langsung melihat foto tanpa perlu menguduh terlebih dahulu.

Mungkin seperti itulah kiranya pembahasan terkait cara agar foto WA tersimpan di galeri secara otomatis yang dapat iteachandroid.com sajikan. Semoga dengan adanya cara agar foto tersimpan di galeri yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna yang belum mengaturnya.

Sumber Gambar : plus.kapanlagi.com, admin iteacandroid.com

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.