12 Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android Semua Merk Agar Lebih Rapi

12 Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android Semua Merk Agar Lebih Rapi

Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android – Bukanlah hal asing lagi bagi pengguna smartphone Android menginstal berbagai aplikasi. Mungkin itu, dilakukan berdasarkan kebutuhan maupun keinginan kamu atau mungkin karena merk Android yang dimiliki memungkinkan untuk menginstal banyak aplikasi.

Tak dapat dielakkan, menggunakan aplikasi memang itu sudah sewajarnya sebuah perangkat Android bekerja. Semakin banyak kebutuhan dan keinginan menggunakan HP Android, maka itu juga bisa dipastikan dan mungkin akan menginstal banyak aplikasi pada homescreen untuk diakses real-time.

Tak hanya mengubah tema, tata letak pada homescreen Android juga perlu diperhatikan dalam hal kerapiannya. Dengan mengatur letak aplikasi tentu saja homescreen akan terlihat lebih rapi nan elegan. Hal ini juga akan memudahkan dalam hal mencari aplikasi terinstal yang akan digunakan.

Letak aplikasi pada Android acak-acakan akan menyulitkanmu dalam menemukan aplikasi yang akan digunakan. Maka dari itu, untuk memudahkan kamu perlu mengatur letak aplikasi agar terlihat lebih rapi, sehingga mudah dalam menemukan aplikasi. Adapun cara mengaturnya, sebagai berikut.

Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android

Cara Mengatur Letak Aplikasi di Android

Hampir pada semua merk Android akan terlihat lebih rapi apabila letak aplikasi teratur. Cara mengatur letak aplikasi di HP Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan semua merk HP Android lainnya bisa dilakukan dengan mengurutkan aplikasi sesuai abjad atau mungkin sesuai jenisnya.

Ada banyak opsi bisa kamu pilih. Namun, karena banyaknya aplikasi pada HP Android milikmu membuat bingung bagaimana cara untuk mengatur tata letak aplikasi Android agar terlihat rapi. Agar homescreen Android lebih rapi, berikut cara mengatur letak aplikasi di Android.

Caranya sebenarnya sangat mudah, hal pertama perlu kamu lakukan yaitu silahkan nyalakan smartphone Android milikmu. Kemudian, untuk mengatur tata letak aplikasi silahkan tekan dan tahan pada aplikasi yang ingin kamu pindahkan. Lalu, tinggal pindahkan ke tempat keinginan kamu.

Tips Mengatur Tata Letak Aplikasi

Untuk mengatur tata letak aplikasi di semua merk Android agar lebih rapi dan memudahkan dalam menemukan aplikasi, mungkin beberapa tips di bawah ini akan sangat berguna dan bisa kamu coba.

1. Letakan Aplikasi Sering Digunakan Dilayar Utama

1. Letakan Aplikasi Sering Digunakan Dilayar Utama

Cara pertama untuk mengatur tata letak aplikasi agar rapi yaitu dengan meletakkan aplikasi paling sering digunakan di menu utama, misalnya seperti aplikasi media sosial, chatting dan game. Ini akan memudahkanmu menemukannya dan jangan lupa untuk mengunci agar tidak berpindah posisi.

2. Gabung Aplikasi Sejenis Dalam Folder

Gabung Aplikasi Sejenis Dalam Folder

Cara ini juga menjadi solusi terbaik untuk mengatur aplikasi agar terlihat lebih rapi. Mungkin cara menggabungkan beberapa aplikasi ke 1 folder disemua merk Android sama, hanya saja perlu disesuaikan berdasarkan perangkat Android masing-masing. Disini kami contohkan pada perangkat Xiaomi Redmi Note 8.

  • Langkah pertama, silahkan tekan dan tahan layar Android di ruang kosong.
  • Kemudian, silahkan tandai beberapa aplikasi yang ingin kamu jadikan satu folder.
  • Setelah itu, tinggal klik “Grup” di sisi kanan atas.
  • Jika sudah maka secara otomatis aplikasi yang ditandai akan langsung menjadi satu folder. Untuk menyimpan perubahan, tekan tombol “Selesai“.

3. Menata Berdasarkan Warna

3. Menata Berdasarkan Warna

Mengatur aplikasi Android berdasarkan warna mungkin cukup menarik. Ini bisa juga dijadikan sebagai solusi untuk merubah tampilan layar terlihat lebih rapi. Kamu bisa mengurutkan aplikasi sesuai warna, sehingga akan terlihat sebuah keteraturan dan kerapian pada homescreen.

4. Menata Berdasarkan Aksi

4. Menata Berdasarkan Aksi

Ide lainnya juga cukup menarik, yaitu dengan mengelompokannya berdasarkan aksi. Sistem Android memungkinkan penggunanya untuk mengatur aplikasi sesuai aksi sejenis. Dengan cara ini, pengguna akan lebih mudah menemukan aplikasi yang akan digunakan, karena mengurutkannya dengan teratur.

5. Mengurutkan Aplikasi Android Sesuai Abjad

5. Mengurutkan Aplikasi Android Sesuai Abjad

Ide selanjutnya, mungkin kamu bisa mengurutkan aplikasi berdasarkan abjad awalan nama aplikasi terinstal di Android milikmu. Kamu bisa mengurutkan nama aplikasi mulai dari huruf A hingga Z atau mungkin sebaliknya. Dengan begitu, maka makin mudah tuk menemukan aplikasi yang dicari.

6. Hapus Bagian Homescreen yang Tidak Digunakan

6. Hapus Bagian Homescreen yang Tidak Digunakan

Untuk mengatur tata letak aplikasi juga bisa dilakukan dengan menghapus homescreen yang tidak digunakan. Menggunakan banyak sekali layar homescreen justru akan menyulitkanmu menemukan aplikasi dan itu, terlihat berantakan dimana akan banyak aplikasi yang terpisah.

7. Hindari Penggunaan Ikon Aplikasi tidak Relevan

7. Hindari Penggunaan Ikon Aplikasi tidak Relevan

Selanjutnya, untuk menampilkan penataan homescreen rapi janganlah kamu gunakan icon aplikasi tidak relevan. Misalnya icon berbentuk segi sembarang, meskipun kamu menatanya dengan rapi, namu itu terlihat tidak efektif untuk diterapkan pada smartphone Android merk apapun.

8. Hapus Notifikasi tidak Penting

8. Hapus Notifikasi tidak Penting

Menghapus notifikasi tidak dibutuhkan juga diperlukan. Misalnya saja seperti notifikasi aplikasi bawaan HP yang benar-benar tidak dibutuhkan. Jika kamu pengguna Xiaomi, mungkin kamu bisa MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN agar tidak memunculkan notifikasi tidak berguna.

9. Atur Widget Sesuai Kebutuhan

9. Atur Widget Sesuai Kebutuhan

Disarankan untuk tidak menempatkan semua widgat dilayar homescreen. Selain akan menguras banyak baterai, widget terlalu banyak juga akan merubah tampilan smartphone menjadi tidak rapi sekaligus akan menutupi wallpaper yang digunakan. Jadi gunakan widget sesuai kebutuhanmu.

10. Gunakan App Drawer

10. Gunakan App Drawer

Di semua merk smartphone Android, biasanya aplikasi diletakan sebelum atau sesudah homescreen. Ini terlihat kurang rapi serta tergolong rumit jika ingin mencari aplikasi terkait. Namun, jika menggunakan aplikasi App Drawer kamu bisa menampilkan semua aplikasi hanya dengan sekali tekan.

11. Gunakan Fitur Gesture ke Aplikasi

11. Gunakan Fitur Gesture ke Aplikasi

Sebenarnya ini untuk memudahkan kamu menemukan aplikasi. Namun, ini juga bisa jadi solusi agar aplikasi terlihat lebih keren. Memanfaatkan fitur gesture agar aplikasi yang setiap hari kamu bisa terbuka dengan cepat, sehingga tak perlu repot-repot untuk mencari aplikasi yang dibutuhkan.

12. Hapus atau Sembunyikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

12. Hapus atau Sembunyikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatur homescreen agar lebih aplikasi bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan, misalnya aplikasi bawaan dari sistem. Jika sayang untuk dihapus, mungkin kamu bisa menyembunyikan aplikasi, seperti halnya MENYEMBUNYIKAN APLIKASI DI HP OPPO.

Itulah beberapa cara mengatur letak aplikasi di Android agar lebih rapi yang dapat iteachandroid.com sajikan. Dengan mengatur aplikasi secara teratur dan tertata, maka tampilan homescreen Android milikmu akan lebih rapi dan menarik. Demikian informasi dari kami, semoga berguna.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *