21 Cara Reset HP Infinix ke Pengaturan Pabrik 100% Berhasil

Cara Reset HP Infinix

Cara Reset HP Infinix – Sebagian smartphone Infinix memiliki spesifikasi yang cukup tangguh. Akan tetapi, kendala teknis seiring berjalannya waktu bisa dialami siapa saja yang menggunakan HP Infinix.

Apalagi HP Infinix yang sudah cukup lama beroperasi, pastinya sudah mengalami penurunan kualitas dan performa. Reset ulang ke pengaturan pabrik adalah salah satu cara terbaik memperbaiki HP.

Reset akan memperbaiki sebagian besar masalah terkait perangkat lunak. Mungkin saja HP Infinix Anda terinfeksi oleh malware, sedikit lambat, bootloop, lupa sandi, pola, password dan error lainnya.

Berbagai masalah perangkat lunak akan terselesaikan dengan reset. Lantas, bagaimana cara reset HP Infinix? Adapun cara menyetel ulang HP Infinix ke pengaturan pabrik yaitu sebagai berikut ini.

Manfaat Reset HP

Meskipun reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan, akan tetapi reset memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Apalagi ini dapat memberikan daftar positif pada perangkat lunak.

Reset bukan hanya sekedar mengembalikan sistem perangkat lunak ke kondisi semula, ini lebih dari itu. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika smartphone Anda di setel ulang ke pengaturan pabrik.

Manfaat reset ini sangat besar, bahkan HP Infinix Anda benar-benar akan berbeda dengan sebelumnya. Lalu, apa saja manfaat reset? Adapun beberapa manfaat melakukan reset yaitu sebagai berikut.

  1. Smartphone bersih dari virus dan malware.
  2. Kinerja HP Infinix menjadi optimal kembali.
  3. Menghapus aplikasi dan data hingga ke akar-akarnya.
  4. Membuang file tidak berguna.
  5. Melegakan ruang penyimpanan.
  6. Mengatasi lupa password, PIN, pola dan sandi.
  7. Mengatasi bootloop dan layar terkunci.
  8. Menghilangkan bug.

Nah, itulah sejumlah manfaat atau keuntungan melakukan reset. Dengan banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dapat dipastikan bila reset untuk menyetel ulang perangkat lunak adalah hal baik.

Kerugian Reset HP

Meskipun memberikan banyak manfaat, namun reset ini juga perlu diperhatikan karena dapat menimbulkan hal merugikan. Kondisi umum terjadi jika proses reset dilakukan sembarang tanpa aturan.

Meskipun reset menguntungkan, tapi bukan berarti Anda melakukannya begitu saja. Anda mesti menerapkan reset ke HP Infinix Anda tersebut dengan langkah yang benar agar tidak terjadi hal buruk.

Dibalik manfaat yang diberikan, reset juga memiliki resiko atau kerugian tersendiri. Berikut adalah beberapa resiko yang mungkin terjadi setelah Anda melakukan reset terhapap HP Infinix Anda tersebut.

  1. Seluruh data pribadi, baik foto, video, dokumen, kontak akan terhapus. Ini dikecualikan, jika sebelum reset Anda membackup data terlebih dahulu.
  2. Aplikasi kerap kali berhenti atau keluar sendiri ketika sedang diakses.
  3. Mengalami masalah software atau bootloop.
  4. Terkadang membuat layar macet atau tidak responsif.

Itulah sejumlah kerugian melakukan reset. Akan tetapi, keuntungan untuk Anda karena resiko-resiko buruk setelah reset tersebut jarang terjadi, jika reset dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Cara Reset HP Infinix

Cara Reset HP Infinix

Cara reset HP Infinix ke pengaturan pabrik adalah pekerjaan yang sederhana, karena cukup dilakukan melalui pengaturan sistem ataupun melewati boot recovery mode menu Android sistem.

Anda bisa mengembalikan HP Infinix ke pengaturan pabrik dengan factory reset di menu pengaturan ataupun melalui hard reset via recovery mode. Keduanya sama gampangnya, yang pasti kedua cara reset tersebut sama-sama akan menghapus semua file yang tersimpan di smartphone Infinix.

Bagaimana dengan file atau data yang tersimpan di MicroSD? Tenang saja, karena file yang tersimpan di MicroSD tidak akan ikut terhapus meskipun Anda tidak melepas memori ketika melakukan reset. Meskipun begitu, namun sebaiknya Anda mencadangkan data dan file di smartphone Anda.

Karena dengan mencadangkan semua data, itu jauh lebih aman dibandingkan tidak melakukannya sama sekali. Adapun cara-cara untuk mereset HP Infinix, langsung saja simak tutorial di bawah ini.

Cara Reset via Pengaturan

Cara Reset via Pengaturan

Sampai sejauh ini, reset via pengaturan adalah cara paling populer untuk mengatur ulang pabrik HP Infinix Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah menavigasi melalui pengaturan dan menghapus HP Anda.

Namun ini hanya berlaku dan berguna ketika HP Infinix masih aktif atau dalam keadaan hidup. Berikut adalah cara factory reset melalui pengaturan HP Infinix untuk menyetel perangkat lunak.

  1. Pertama-tama silahkan buka menu “Pengaturan” di laci aplikasi HP Infinix Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, pilihlah menu “System” pada menu pengaturan.
  3. Langkah selanjutnya, silahkan pilih “Reset Option” untuk memilih opsi reset.
  4. Akan muncul berbagai pilihan metode reset. Untuk mengembalikan HP Infinix ke pengaturan pabrik, maka pilihlah “Erase All Data (Factory Reset)” pada opsi yang tersedia.
  5. Kemudian, klik “Erase All Data” pada peringatan bahwa factory reset akan menghapus semua data.
  6. Jika HP Infinix Anda menggunakan kunci layar (Pola/PIN/Sandi) maka Anda akan diminta untuk memasukannya untuk membuka kunci.
  7. Berikutnya, tinggal tekan “Erase All Data” untuk konfirmasi tindakan.
  8. Setelah itu, ponsel akan langsung memulai reset. Silahkan tunggu hingga perangkat berhasil melakukan booting ulang.

Cara Reset via Recovery Mode

Cara Reset via Recovery Mode

Selain factory reset, Anda juga bisa melakukan reset via recovery mode (Hard Reset). Hard reset ini sangat berguna untuk mengatasi masalah pada smartphone Infinix yang Anda gunakan tersebut.

Hard reset dapat mengatasi masalah seperti ketika Anda benar-benar tidak dapat membuat ponsel Infinix Anda boot sepenuhnya, ketika dikatakan “Sayangnya, Pengaturan telah berhenti”, lupa pola/PIN/Sandi, sistem mengalami bug, bootlopp dan lainnya. Berikut cara melakukan hard reset.

  1. Pastikan baterai dalam kondisi terisi kurang lebih 50%. Silahkan matikan HP Infinix Anda sepenuhnya.
  2. Setelah itu, tekan tombol “Power + Volume Atas” secara bersama-sama selama beberapa detik.
  3. Jika muncul logo Infinix, maka silahkan lepaskan tombol “Power” terlebih dahulu.
  4. Lalu, lepaskan tombol “Volume Atas” saat muncul gambar XOS yang tertulis “No Command“.
  5. Kemudian, tekan tombol “Volume Atas + Power” agar masuk ke recovery mode.
  6. Jika berhasil masuk ke recovery mode, pilihlah menu “Wipe Data/Factory Reset” menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan tombol power untuk konfirmasi tindakan.
  7. Selanjutnya, pilihlah “Factory Reset” dan tunggu sampai proses reset selesai.
  8. Terakhir, pilihlah “Reboot System Now” dan tunggu hingga proses reboot selesai.
  9. Jika proses reboot selesai, maka akan muncul tampilan pengaturan awal HP Infinix sebagai tanda bahwa reset telah berhasil.

Cara Reset Dengan Kode Infinix

Cara Reset Dengan Kode Infinix

Buat yang menginginkan cara reset lebih sederhana lagi, maka cara terakhir ini adalah jawabannya. Reset HP Infinix bisa dilakukan dengan kode tertentu sebagai perintah sistem melakukan reset.

Dimana Anda hanya perlu melakukan panggilan ke kode dial reset HP Infinix, selayaknya mengecek pulsa operator. Adapun cara reset HP Infinix menggunakan kode rahasia yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan HP Infinix dalam kondisi menyala (ON).
  2. Lanjutkan dengan membuka aplikasi “Panggilan” di HP Infinix.
  3. Kemudian, silahkan tekan kode *#*#7780#*# * maka secara otomatis akan dibawa ke menu Factory Reset.
  4. Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah reset sampai smartphone berhasil direset.

Dari informasi di atas, reset jauh lebih memaksimalkan smartphone dibandingkan melakukan pengaturan lain untuk kepuasan penggunaan. Itu memang tidak salah, misalnya seperti menampilkan merek HP di kamera Infinix untuk memaksimalkan fitur kamera bawaan agar lebih keren.

Tapi, sejatinya reset jauh lebih memuaskan pengguna dibandingkan mengatur tampilan smartphone itu sendiri. Itulah beberapa cara reset HP Infinix yang dapat Iteachandroid.com sajikan buat Anda semua, semoga saja artikel di atas membantu sekaligus memberikan solusi ponsel Anda.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.