8 Penyebab Jamur di HP Semua Merk dan Tipe [Wajib Tahu]

8 Penyebab Jamur di HP Semua Merk dan Tipe [Wajib Tahu]

Penyebab Jamur di HP – Di zaman modern seperti sekarang ini, ada berbagai merk dan tipe HP berkulitas terbaik mulai bermunculan. Setiap developer smartphone, tak hanya meluncurkan tipe HP dengan kualitas mumpuni, namun juga mendesain tampilan casing semenarik mungkin.

Hal ini bertujuan sebagai daya tarik bagi konsumen untuk membeli produk mereka. Dengan tampilan casing yang elegan akan memberikan nilai plus sendiri untuk konsumen. Namun, karena keadaan tertentu, membuat casing atau bodi HP bernoda serta menimbulkan jamur.

Kondisi HP kotor atau berjamur tentunya membuat tipe HP merk apapun itu menjadi tidak sedap dipandang. Selain itu, kondisi HP kotor serta muncul jamur juga membuat HP tersebut tidak nyaman digunakan. Nah, tumbuhya jamur tersebut tentunya memiliki penyebab tertentu.

Penyabab jamur di HP dapat ditimbulkan karena lembab. Apapun merk atu tipe HP milik Anda, baik itu HP termahal atau termurah jika kondisinya lembab, maka akan tumbuh jamur pada casing. Lantas apa penyebab jamur muncul di semua merk dan tipe HP? Simak selengkapnya, di bawah ini.

Penyebab Jamur di HP Semua Merk dan Tipe

Penyebab Jamur di HP Semua Merk dan Tipe

Timbulnya jamur, adanya debu maupun kotoran menempel membuat HP terlihat kusam. Apalagi jamur di casing agak susah dihilangkan, memerlukan cara yang benar dan tepat untuk MENGHILANGKAN JAMUR DI HP.

Penyebab timbulnya jamur di HP bisa dikarenakan HP jarang dibersihkan, sehingga debu atau kotoran nempel akan menimbulkan jamur. Adapun penyebab munculnya jamur di semua merk serta tipe HP lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

1. Menyimpan di Tas Terlalu Lama

Menyimpan di Tas Terlalu Lama

Penyebab jamur di HP yang pertama yaitu kemungkinan Anda memiliki kebiasaan melakukan perjalanan jauh dan meletakan HP di tas dalam jangka waktu lama.

Mengapa demikian? Hal ini bisa dikarenakan kondisi tas tertutup terlalu lama menyebabkan udara di dalam tas lembab. Jadi, jika ingin berpergian jauh sebaiknya letakan HP di tempat terbuka.

2. Tidak Menempatkan HP di Ruang Kedap Udara

Tidak Menempatkan HP di Ruang Kedap Udara

Penyebab kedua bisa dikarenakan HP sering terpapa suhu lembab. Terlebih lagi kondisi udara di Indonesia lembab sehingga HP semakin mudah ditumbuhi jamur.

Pasalnya jamur sendiri sangat mudah tumbuh di ruangan berudara. Maka dari itu, disarankan untuk menyediakan tempat khusus semacam dry box untuk mencegar jamur tumbuh di HP.

3. Terkena Air

Terkena Air

Tak sengaja terkena air juga menjadi penyebab tumbuhnya jamur di HP. Jamur muncul jika secara tak sengaja HP Anda terkena air, namun tidak langsung dibersihkan atau dikeringkan.

Atau mungkin sudah dibersihkan, tapi kondisinya belum benar-benar kering. Hal ini menyebabkan udara lembab, sehingga jamur akan mudah muncul di HP.

4. Bekas Stiker

Bekas Stiker

Apapun merk maupun tipe HP Anda , jika terdapat bekas stiker serta tidak langsung dibersihkan akan memicu jamur. Hal ini dikarenakan debu, kotoran hingga noda air akan menempel serta terserap oleh bekas stiker.

Sehingga bekas stiker tersebut menjadi kotor justru akan menimbulkan jamur. Jadi jika HP Anda terdapat bekas stiker, pastikan Anda langsung membersihkannya menggunakan minyak kayu putih.

5. Jarang Lepas Softcase

Jarang Lepas Softcase

Baik itu merek HP iPhone termahal atau tipe terbaik sekalipun, jika kondisi silikon atau softcase selalu terpasang, jarang dilepas atau dibersihkan dapat menimbulkan jamur.

Karena sering digunakan untuk berpergian, tekadang debu, kotoran hingga air akan masuk kedalam softcase, dimana hal ini justru menimbulkan jamur.

6. Sering Terkena Keringat Tangan

Sering Terkena Keringat Tangan

Kegiatan sehari-hari memang tak pernah jauh dari HP, mulai dari pagi hari, siang hari hingga malam hari. Entah karena cuaca panas atau gerah seringkali tangan berkeringat saat bermain HP.

Nah, kondisi ini menyebabkan HP menjadi basah. Jika tak langsung dibersihkan maka memicu timbulnya jamur. Maka dari itu selalu bersihkan ponsel setelah digunakan dengan kondisi tangan berkeringat.

7. Jarang Digunakan dan Jarang Dibersihkan

Jarang Digunakan dan Jarang Dibersihkan

Kondisi HP jarang digunakan maupun jarang dibersihkan juga memicu Hp tersebut berjamur. HP yang dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan berjamur, karena sering terpapar udara.

Selain itu, jarang membersihkan HP dari debu, kotoran, noda keringat juga membuat HP mudah ditumbuhi jamur. Maka dari itu jika HP tidak digunakan letakan ditempat kedap udara maupun rutin untuk membersihkan HP.

8. Kesalahan Dalam Membersihkan HP

Kesalahan Dalam Membersihkan HP

Penyebab jamur di HP kemungkinan besar karena Anda salah dalam membersihkan HP. Misalnya saja anda membersihkan HP dengan lap kotor atau mungkin menggunakan lap basah.

Selain itu, penggunaan cairan pembersih HP secara sembarangan juga menjadi penyebab HP berjamur. Maka dari itu, pastikan anda membersihkan HP dengan lap kering dan bersih

Itulah beberapa penyebab jamur di HP menurut iteachandroid.com. Pada intinya jamur timbul di semua casing HP karena sering terpapar udara yang tak teratur dan menyebabkan kelembaban. Maka dari itu, untuk mencegahnya selalu jaga kondisi HP anda tetap bersih dan kering.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *