5 Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Paling Mudah 2020

Cara cek bantuan UMKM lewat HP menjadi cara yang paling mudah dan dimpel untuk dilakukan. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sekarang ini kemajuan teknologi memungkinkan kita bisa melakukan berbagai hal hanya dengan HP.

Terlebih pengecekan bantuan UMKM dilakukan secara online sehingga bisa dilakukan lewat HP. Pada program bantuan ini pemerintah Indonesia menunjuk bank BRI, BNI dan Mandiri Syariah sebagai bank penyalur dana Banpres Produktif.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau disebut juga BPUM menjadi pelaku penerima BLT. BPUM merupakan bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada usaha mikro yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Nah, bagi sobat iteach yang ingin tahu apakah anda mendapatkan bantuan atau tidak, anda bisa cek langsung. Caranya sendiri dilakukan secara online lewat HP. Lantas bagaimana cara cek bantuan UMKM lewat HP? Berikut informasi lengkapnya.

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Paling Mudah

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Paling Mudah

Spesifikasi HP yang semakin mumpuni dan canggih, membuatnya tak hanya difungsikan untuk chatting, mengakses media sosial ataupun MELIHAT KAP DAN PIN BIDIKMISI, namun juga bisa digunakan untuk mengecek bantuan UMKM.

Hanya cukup bermodalkan HP, maka pelaku usaha mikro kecil dan menengah dapat mengetahui dengan mudah, apakah dirinya mendapatkan bantuan atau tidak. Untuk informasi lebih jelasnya, sebagai berikut.

Cek Bantuan UMKM Online Lewat HP di e-Form BRI

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa pengecakan bantuan UMKM lewat HP sangatlah mudah. Anda bisa mengecek bantuan lewat layanan online yang disediakan oleh bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai penyalur dana bantuan. Salah satu bank yang ditunjuk sebagai penyalur dana bantuan yaitu bank BRI.

Bagi anda nasabah bank BRI yang ingin mengecek bantuan BPUM, silahkan lakukan pengecekan di layanan online eform.bri.co.id. Adapun untuk cara cek bantuan UMKM Online lewat HP di eform.bri.co.id/bpum yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah yang pertama, silahkan buka browser di HP anda.
  2. Kemudian, silahkan kunjungi situs ini eform.bri.co.id.
  3. Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih menu “BPUM“.
    Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih menu BPUM
  4. Lalu, tinggal masukkan nomor eKTP (NIK) dan kode verifikasi yang tersedia.
    Lalu tinggal masukkan nomor eKTP NIK dan kode verifikasi yang tersedia
  5. Jika nomor KTP dan kode verifikasi sudah diisi, silahkan klik “Proses Inquiry“.
    Jika nomor KTP dan kode verifikasi sudah diisi silahkan klik Proses Inquiry
  6. Jika anda buka penerima bantuan BPUM, maka akan muncul keterangan “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM“, namun jika anda penerima bantuan BPUM, maka tidak akan muncul keterangan tersebut.
    Jika anda buka penerima bantuan BPUM maka akan muncul keterangan Nomor e KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM

Selain itu, penerima bantuan BPUM juga akan diinformasikan melalui SMS oleh bank penyalur. Apabila menerima SMS sebagai penerima bantuan UMKM atau BPUM, silahkan lakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan, agar dapat mencairkan dan bantuan.

Untuk cek bantuan UMKM di bank BNI dan Syariah Mandiri, sayangnya belum bisa diakses secara online lewat HP, jadi baru BRI saja yang bisa. Untuk BNI dan Syariah Mandiri pengecekan bantuan dapat dilakukan dengan mengujungi langsung ke bank.

Cara Mencairkan BPUM di Bank BRI

Cara Mencairkan BPUM di Bank BRI

Nah, setelah mengetahui bahwa anda dipastikan sebagai penerima bantuan UMKM ini. Anda bisa mencairkan dana bantuan tersebut. Namun, caranya tidak dapat dilakukan secara online. Anda harus melakukan konfirmasi di bank BRI. Namun, pencairan dana bantuan memerlukan beberapa persyaratan. Adapun persyaratan pencairan yang dibutuhkan meliputi beberapa dokumen di bawah ini.

Syarat Mencairkan BPUM di Bank BRI

  • Buku Rekening Tabungan BRI.
  • Kartu ATM BRI.
  • e-KTP.
  • Surat Pernyataan.
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).
  • Kuasa Penerima Dana BPUM.

Cara Mencairkan BPUM di Bank BRI

Carannya, silahkan kunjungi bank BRI terdekat dengan membawa semua dokumen persyaratan seperti di atas. Kemudian, tinggal sampaikan kepada teller bank BRI bahwa anda ingin mencairkan dana BPUM. Serahkan semua persyaratan yang dibutuhkan kepada teller bank BRI. Nantinya, tinggal ikuti saja panduan dari teller bank hingga dana bantuan bisa dicairkan.

Cara dan Syarat Memperoleh BLT UMKM 2,4 Juta

Cara dan Syarat Memperoleh BLT UMKM 24 Juta

Bantuan ini hanya diberikan kepada UMKM yang memenuhi kriteria tertentu dalam bentuk uang sejumlah Rp. 2.400.000. Adapun cara dan syarat untuk mendapatkan bantuan ini yaitu sebagai berikut.

Syarat Penerima

Nah, untuk mendapatkan bantuan BPUM sebesar 2,4 juta, silahkan lakukan pengajuan dengan memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

BLT UMKM 2,4 juta hanya diberikan kepada :

  • WNI
  • Memiliki NIK
  • Memiliki Usaha Mikro
  • Bukan ASN, TNI, POLRI dan pegawai BUMN atau BUMD.
  • Untuk penerima yang memiliki domisili usaha yang berbeda dengan KTP, harus melampirkan SKU.

Calon penerima bantuan UMKM dapat memenuhi syarat-syarat di bawah ini untuk mengajukan pengajuan bantuan BLT UMKM 2,4 juta kepada pengusul.

  • NIK.
  • Nama Lengkap
  • Alamat tinggal sesuai eKTP
  • Bidang Usaha
  • Nomor HP

Cara Mendapatkan BLT UMKM 2,4 Juta

Untuk dapat mendapatkan bantuan UMKM ini. Anda harus segera mendaftar dengan cara mengajukan diri ke kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Itulah informasi yang dapat iteachandroid.com sajikan untuk anda terkait informasi lengkap tentang cara cek UMKM lewat HP. Dengan kehadiran HP, segala sesuatu yang dilakukan menjadi lebih mudah, simpel, praktis dan cepat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *