10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Xiaomi

HP Xiaomi dikenal memiliki kualitas yang sangat bagus dengan harga yang terjangkau. Namun, terdapat kasus yang sering terjadi pada HP Xiaomi yaitu aplikasi yang tidak menanggapi. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi ?

Masalah aplikasi yang tidak menanggapi disebabkan karena kapasitas RAM sudah penuh. Kasus ini sering terjadi pada HP Xiaomi dengan kapasitas RAM yang pas-pasan alias sedikit. Maka dari itu anda harus menginstal aplikasi yang benar-benar di perlukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa RAM HP Xiaomi sangat beragam kapasitasnya. Ada yang 2 GB, 3, 4, 6 dan 12 GB. Nah, bagi yang menggunakan HP Xiaomi dengan kapasitas RAM yang sedikit, anda baiknya anda menginstal aplikasi yang anda perlukan saja.

Apabila anda terlalu banyak menginstal aplikasi, maka akan terjadi masalah aplikasi yang tidak menanggapi. Namun, anda tak perlu khawatir akan hal tersebut, karena ada banyak cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Xiaomi Terbaru

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Xiaomi

Banyaknya cara mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi di HP Xiaomi dapat anda lakukan untuk lebih membatasi penggunaan aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan membatasi penggunaan aplikasi, maka kinerja HP anda juga akan lebih cepat dan stabil. Adapun caranya sebagai berikut.

Tips Atasi Aplikasi Yang Tidak Menanggapi

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Bersihkan Cache Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi, anda bisa coba untuk membersihkan file cache pada aplikasi yang tidak menanggapi. File cache yang berlebihan biasanya akan membuat aplikasi menjadi error dan macet. Adapun cara membersihkan cache di HP Xiaomi yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka menu “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu “Aplikasi”.
  • Lalu, cari aplikasi yang tidak menanggapi.
  • Terakhir, tinggal pilih “Bersihkan Cache”.

2. Instal Ulang Aplikasi

Instal Ulang Aplikasi

Untuk cara yang selanjutnya, anda bisa menginstal ulang aplikasi yang tidak menanggapi. Cara yang satu ini cukup berhasil untuk mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi. Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Playstore.

3. Paksa Berhenti Aplikasi

Paksa Berhenti Aplikasi

Untuk cara yang bisa anda coba selanjutnya yaitu memberhentikan secara paksa aplikasi. Untuk cara ini bisa anda lakukan untuk aplikasi yang jarang anda gunakan agar tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Semakin penuh ruang penyimpanan RAM, maka akan menimbulkan aplikasi yang tidak menanggapi atau error.

4. Update Aplikasi

Update Aplikasi

Nah, seringkali terjadinya trouble pada aplikasi disebabkan karena aplikasi tersebut belum di update. Jadi bila terjadi aplikasi yang tidak menanggapi coba cek apakah aplikasi tersebut harus di update atau tidak. Apabila perlu di update silahkan lakukan update aplikasi di Google Playstore.

5. Lakukan Reboot

Lakukan Reboot

Nah, apabila aplikasi yang akan anda gunakan tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa aplikasi tidak menanggapi, silahkan coba lakukan reboot. Kebanyakan aplikasi yang tidak pernah dimatikan akan lemot. Selain itu HP Xiaomi yang tidak pernah di reboot juga akan membuat kinerja ponsel menurun. Hal ini juga menjadi pemicu trouble pada aplikasi. Maka dari itu, selalu rutin lakukan reboot HP Xiaomi anda minimal 1 bulan sekali.

6. Hapus Data Aplikasi

Hapus Data Aplikasi

Untuk cara mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi selanjutnya, anda bisa coba untuk menghapus data aplikasi tersebut. Cara yang satu ini sebenarnya, hampir sama seperti melakukan penginstalan ulang. Bedanya jika menginstal ulang maka anda perlu menghapus aplikasinya, namun jika menghapus data anda tidak perlu menghapus aplikasinya. Adapun caranya menghapus data, sebagai berikut.

  • Langka yang pertama, silahkan tekan dan tahan pada aplikasi yang tidak menanggapi.
  • Kemudian, silahkan klik “Info Aplikasi”.
  • Terakhir, tinggal pilih “Hapus Data”.

7. Update MIUI

Update MIUI

Untuk cara yang selanjutnya, silahkan lakukan update pada MIUI. Dengan mengupdate MIUI, maka HP Xiaomi anda akan menghilangkan bug dan trouble lainnya. Selain itu dengan mengupdate MIUI kinerja ponsel juga akan semakin cepat dan memperbarui semua sistem pada HP Xiaomi dan bahkan aplikasi yang tadinya tidak menanggapi juga akan teratasi.

8. Wipe Cache Partition

Wipe Cache Partition

Untuk cara yang selanjutnya, anda dapat melakukan wipe cache partition. Dengan cara yang satu ini semua sistem android akan bersih dari cache. Untuk cara yang satu ini anda perlu masuk ke mode recovery .

9. Factory Reset HP Xiaomi

Factory Reset HP Xiaomi

 

Nah, apabila anda sudah melakukan berbagai cara di atas, namun aplikasi masih tidak menanggapi. Maka cara yang satu ini bisa anda coba yaitu factory reset. Dimana cara yang satu ini akan menghapus semua data pada HP Xiaomi anda. Factory reset dilakukan apabila terjadi trouble pada sistem yang mengakibatkan aplikasi tidak menanggapi.

10. Hard Factory Reset

Hard Factory Reset

Nah, sebagai alternatif apabila sudah melakukan semua cara, namun aplikasi masih tidak menanggapi, maka anda bisa coba melakukan hard factory reset. Hard factory reset akan memulai ulang ponsel anda, dimana hal ini akan mengembalikan HP Xiaomi anda kembali ke pengaturan pabrik. Dengan kata lain, seperti HP yang baru anda beli.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi yang dapat iteachandroid.com sajikan untuk anda. Mengatasi berbagai trouble pada HP Xiaomi, sebenarnya akan terselesaikan dengan melakukan restart perangkat tersebut. Dimana cara restart HP Xiaomi juga akan mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi. Demikian informasi yang dapat iteachandroid sajikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *