2 Cara Mengatasi FUP Indihome Agar Tetap Stabil (100% Work)

2 Cara Mengatasi FUP Indihome Agar Tetap Stabil (100% Work)

Bagi anda pengguna layanan Indihome pastinya, sudah tidak asing dengan yang namanya FUP. FUP Indihome diberlakukan untuk memberikan batas akses internet. Nah, berbicara soal FUP Indihome, berikut ini iteachandroid akan sajikan informasi tentang cara mengatasi FUP Indihome agar tidak lemot akibat penurunan kecepatan. Namun, sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih dalam ada baiknya anda simak ulasan mendalam berikut ini.

Indihome adalah layanan digital yang menawarkan layanan Triple Play menggunakan teknologi fiber optik. Layanan Triple Play Indihome meliputi Fixed Broadband Internet (Internet Rumah), Fixed Phone (Telepon Rumah) dan Usee TV (TV Interaktif). Selain itu, Indihome juga menawarkan layanan Dual Play yang meliputi Internet Fiber, Telepon Rumah atau Internet Fiber dan TV Interaktif sebagai pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna layanan Indihome.

Sedangkan FUP atau Fair Usage Policy merupakan batas pemakaian wajar pengguna perbulan. Dengan kata lain FUP adalah batas pemakaian kuota setiap bulannya. FUP memiliki fungsi untuk menurunkan kecepatan internet Indihome, ketika pengguna telah melewati batas wajar penggunaan layanan internet Indihome. Jadi apabila penggunaan internet Indihome sudah melebihi batas maka kecepatan internet akan mengalami penurunan.

FUP sendiri telah ditentukan oleh pihak provider operator di Indonesia. Nah, jika internet anda lemot, maka coba untuk melakukan pengecekan FUP apakah penggunaan sudah melewati batas wajar atau belum. Manghadapi masalah FUP yang lemot, tentunya anda akan melakukan berbagai cara mengatasi FUP Indihome. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi FUP Indihome agar tidak lemot. Adapun caranya mengatasi hal tersebut silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi FUP Indihome Agar Tetap Stabil

Cara Mengatasi FUP Indihome Agar Tetap Stabil

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi FUP Indihome, agar koneksi internet anda tetap stabil dan tidak mengalami penurunan kecepatan saat melebihi batas wajar. Cara mengatasi FUP Indihome memang gampang-gampang susah dan sedikit rumit, namun tidak ada salahnya mencoba. Tidak banyak cara memang yang bisa anda lakukan, namun caranya sendiri cukup berhasil. Adapun caranya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Mengatasi FUP Indihome Menggunakan HTTP Injector

Mengatasi FUP Indihome Menggunakan HTTP Injector

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba menggunakan http Injector. Caranya sendiri tidak sulit, namun anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, silahkan download aplikasi http Injector di Google Playstore.
  • Setelah, selesai mendownload aplikasinya, silahkan buka aplikasi http injector.
  • Kemudian, silahkan lakukan setting terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :
  • Pada menu awal aplikasi, silahkan klik “Penghasil Payload“. Silahkan lakukan settingan sebagai berikut.
    • Payload : direct
    • Host : Youtube.com
  • Setelah itu, silahkan centang “user agent” dan “keep live“, lalu simpan.
  • Jika sudah, silahkan kembali ke menu utama, lalu pilih server yang diinginkan. Disini kami menyarankan untuk pakai server “Singapura“, lalu silahkan lakukan settingan sebagai berikut.
    • Remot Proxy : Silahkan beri centang
    • Port : 80 atau 8080
    • SSH : Silahkan centang

Setelah itu, tinggal klik “OK“. Lalu klik “Start“, maka aplikasi akan langsung berjalan, silahkan tunggu hingga aplikasi Connect. Jika sudah tinggal coba menjalankan Youtube, apabila settingan sudah benar, maka anda tidak akan terganggu lagi dengan batas wajar FUP, sehingga keneksi internet anda akan tetap stabil tanpa mengalami penurunan.

Mengatasi FUP Indihome Menggunakan Mikrotik

Mengatasi FUP Indihome Menggunakan Mikrotik

Untuk cara yang selanjutnya, anda bisa mencoba menggunakan Mikrotik. Cara yang satu ini berbeda dengan menggunakan http injector. Pasalnya untuk cara yang kedua anda perlu melakukan managemen bandwidt. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan hubungkan jaringan koneksi internet anda menggunakan mikrotik.
  • Kemudian, silahkan lakukan pengaturan queue, dengan cara menaikan batas port yang biasa dipakai pengguna.
  • Setelah itu, silahkan turunkan kembali port yang jarang dipakai pengguna.
  • Selanjutnya, silahkan lakukan managemen bandwidt menggunakan mikrotik dengan script di bawah ini.
/queue simple add max-limit+1M/10M name=Global target=192.168.2.0/24 / for dsi from 2 to 10 do={/queue simple add name=”PC-Client-$dsi” target=”192.168.2.$dsi” max-limit=384000/512000 perent=Global}

NOTE : Pastikan anda melakukan managemen bandwidt sesuai dengan yang kami sajikan di atas.

Itulah beberapa cara mengatasi FUP Indihome yang dapat iteachandroid.com. Untuk mencegah terjadinya penggunaan melebih batas wajar, maka sebaiknya batasi penggunaan FUP per harinya. Dengan begitu, maka kecepatan internet akan tetap stabil. Atau jika anda membutuhkan kecepatan internet yang lebih stabil bisa mencoba cara melihat password Wi-Fi di HP. Demikian informasi yang dapat iteachandroid sajikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *