5 Cara Mengatasi Google Play Error Kode 192 Android 100% Berhasil

Cara Mengatasi Google Play Error Kode 192

Cara Mengatasi Google Play Error Kode 192 – Google Play dikenal juga Play Store banyak menyediakan aplikasi-aplikasi berguna dan bermanfaat untuk para pengguna Android. Selain itu, memperbarui aplikasi atau game di perangkat Android, juga dapat dilakukan melalui aplikasi Google Play Store itu sendiri.

Aplikasi seluler raksasa teknologi ini lebih dari sekadar etalase, ini adalah cara untuk mengelola semua perangkat lunak di ponsel Android tertentu. Meskipun demikian, namun Google Play Store tidak selamanya bekerja dengan stabil, ada kalanya masalah seperti error terjadi pada aplikasi bawaan Android ini.

Terkadang ketika menjalankan Google Play, Anda mungkin mengalami masalah baik itu saat mengunduh ataupun memperbarui aplikasi. Dimana banyak kasus tercatat bahwa banyak pengguna yang melaporkan terjadinya error, dimana masalah itu mengakibatkan muncul kode kesalahan 192 pada Playstore.

Cara kerja Google Play ketika mengalami error ialah dengan menampilkan kode kesalahan, sehingga itu adalah hal biaya. Tetapi yang penting dari error tersebut adalah mencari tahu apa yang menyebabkan error itu terjadi dan bagaimana cara mengatasi Google Play error kode 192. Temukan di sini.

Penyebab Google Play Error Kode 192

Muncul pesan “Gagal memuat / memperbarui aplikasi. Kode kesalahan: 192” ini adalah peringatan yang muncul dari masalah Google Play error kode 192. Munculnya kode error 192 tersebut tentu saja memiliki sebab tersendiri dan pada ulasan ini akan kami informasikan apa penyebab dari kode kesalahan 192.

Penyebab permasalahan ini sangat sederhana dan berkaitan dengan kurangnya ruang kosong di perangkat Android. Selain itu, kode kesalahan Google Play 192 juga dikarenakan hasil dari data aplikasi yang rusak. Error ini dapat menghentikan Anda mengunduh atau memperbarui aplikasi Anda.

Ini hampir serupa dengan masalah Google Play error code 924, sehingga untuk memperbaikinya caranya tak begitu berbeda. Akan tetapi, kami akan memberikan cara yang lebih spesifik untuk mengatasi kode kesalahan Google Play dan semua cara tersebut kami rangkum dalam ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Google Play Error Kode 192

Cara Mengatasi Google Play Error Kode 192

Ada beberapa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Google Play error kode 192. Metode perbaikan yang dilakukan adalah cara umum untuk mengatasi error pada aplikasi, sehingga tidak akan terlalu menyulitkan Anda untuk melakukan perbaikan error yang terjadi pada Google Play Store.

1. Menghapus Data dan Cache Google Play

1. Menghapus Data dan Cache Google Play

Cara pertama untuk mengatasi kode error 192 adalah dengan menghapus data dan cache untuk aplikasi Google Play Store. Itu mungkin tampak seperti perbaikan yang mengganggu, tetapi solusi dasarnya sederhana.

Seperti aplikasi lainnya, Google Play Store menggunakan data yang tersimpan di ponsel Anda agar dapat berfungsi. Jika data tersebut rusak, Anda akan melihat kode kesalahan 192, dan kemungkinan tidak akan dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi.

  • Buka Pengaturan, ketuk Aplikasi, pilih Google Play Store, dan tekan opsi Berhenti Paksa.
  • Kemudian kembali ke Play Store dan pilih Penyimpanan.
  • Tekan tombol Hapus cache dan periksa hasilnya.google-play-store-clear-app-cache
  • Jika masalah berlanjut, ketuk opsi Hapus data juga.
  • Ulangi langkah yang sama dan bersihkan cache dan data dari Download Manager dan aplikasi Layanan Google Play .google-play-services-clear-cache
  • Untuk memastikan file cache aplikasi lain tidak mengganggu aplikasi Play Store, buka Pengaturan, pilih Penyimpanan, dan tekan opsi Bersihkan untuk menghapus semua file sampah Anda.

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Cara lain yaitu dengan mengosongkan ruang penyimpanan, baik memori internal maupun eksternal. Cara ini bisa dilakukan dengan menghapus sejumlah aplikasi yang tidak perlu. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menghapus history Google Play Store agar data dan cache Play Store tidak terlalu besar.

Jika Anda menggunakan kartu memori dan menginstal aplikasi di dalamnya. Maka coba mengubah proses ke drive internal, jika intalasi dilakukan langsung ke perangkat, sebaliknya harus dilakukan langsung ke micro SD.

Setelah memastikan memiliki cukup ruang kosong pada penyimpanan ponsel, maka Anda bisa mencoba membuka Google Play dan mulai mendownload atau memperbarui aplikasi. Jika kode error 192 masih muncul, maka lakukan cara lain seperti di bawah ini untuk mengatasi error tersebut.

3. Uninstall Update Google Play yang Error

3. Uninstall Update Google Play yang Error

Jika kode error 192 mengganggu Anda, maka cobalah untuk menghapus instalasi pembaruan aplikasi. Arahkan ke Pengaturan, pilih Aplikasi, ketuk Google Play Store dan pilihlah Lainnya. Selanjutnya, tinggal pilih Uninstall Update. Konfirmasi pilihan Anda dan mulai ulang smartphone Android Anda.

Setelah itu, coba untuk mengakses Google Play dan mulailah mengunduh ataupun memperbarui aplikasi. Ini adalah cara paling efektif untuk mengatasi Google Play error kode 192.

4. Logout dan Kaitkan Kembali Akun

4. Logout dan Kaitkan Kembali Akun

Di beberapa kasus Google Play error kode 192 disebabkan karena sistem tidak mengenali akun Google Anda. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan ini silahkan masuk ke menu Pengaturan, pilih Akun, lalu Hapus Akun. Tunggu selama beberapa menit, kemudian coba tambahkan kembali akun Anda.

5. Gunakan Koneksi Berbeda

5. Gunakan Koneksi Berbeda

Jika Anda menggunakan koneksi seluler, aktifkan Mode Pesawat selama 30 detik. Kemudian nonaktifkan Mode Pesawat dan pastikan data seluler mati. Hubungkan perangkat Anda ke koneksi nirkabel dan periksa apakah kesalahan 192 tetap ada. Omong-omong, jika ada perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama, putuskan sambungannya dan periksa hasilnya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi Google Play error kode 192 lengkap beserta penyebab error terjadi yang dapat iteachandroid.com sajikan buat Anda semua. Kini dengan mengikuti cara dari kami, error dapat segera di atasi. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami, semoga artikelnya membantu.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.