13 Cara Menghapus Cache TikTok Untuk Atasi Error

Cara Menghapus Cache TikTok – Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori penyimpanan smartphone, baik Android ataupun iPhone. Setiap aplikasi pada smartphone memiliki file cache masing-masing serta membutuhkan ruang penyimpanan.

Salah satu aplikasi yang sangat populer saat ini yaitu TikTok pastinya juga memiliki data cache tersendiri. Karena aplikasi TikTok ini banyak menampilkan konten menarik sehingga banyak pengguna mengaksesnya setiap hari, sehingga file cache pada TikTok akan semakin menumpuk.

Perlu diketahui bahwasanya semakin sering aplikasi TikTok digunakan, maka data cache dihasilkan akan semakin banyak. Data cache TikTok yang semakin menumpuk ini bisa menyebabkan kendala seperti error, aplikasi TikTok lemot saat dibuka, TikTok ngelag dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah sebabnya mengapa lebih baik menghapus cache TikTok di bandingkan membiarkannya terus menumpuk. Lalu, bagaimana cara melihat cache yang dihasilkan oleh aplikasi TikTok sekaligus bagaimana cara menghapus cache tersebut? Adapun caranya, simak ulasan berikut ini.

Apa yang Terjadi Jika Cache TikTok Dihapus ?

Banyak pengguna aplikasi TikTok bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika menghapus file sampah TikTok? Meskipun tidak ada efek merugikan, itulah sebabnya mengosongkan cache TikTok secara berkala adalah hal baik. Karena cache dapat menggunakan ruang penyimpanan memori cukup besar.

Dengan kata lain semakin besar TikTok menghasilkan cache maka akan semakin besar pula ruangan penyimpanan smartphone yang dibutuhkan. Yang terjadi ketika menghapus cache ialah TikTok akan terasa cepat saat dibuka seperti baru pertama kali Anda menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi TikTok menyimpan profil, tatapan aplikasi, perincian mengenai video yang Anda tonton, riwayat tontonan, penapis, kesan, video yang disukai dan sebagainya. Semua log aktivitas tersebut akan menghasilkan cache yang jika dibiarkan ini bisa memperbanyak ruang penyimpanan TikTok.

Menghapus cache dapat meningkatkan prestasi, meningkatkan penyimpanan, dan menyelesaikan kesalahan umum (error) yang dihadapi oleh kebanyakan pengguna ketika menggunakan TikTok. Menghapus cache juga akan menghilangkan semua butiran log masuk dan profil Anda.

Akan tetapi, menghapus cache ini tidak akan berefek pada hilangnya data, akun, ataupun menghilangkan filter TikTok, efek, transisi, stiker, font yang di unduh dalam tools editing video TikTok. Jadi jangan khawatir jika menghapus cache, karena ini akan membuat TikTok Anda menjadi lebih baik.

Cara Menghapus Cache TikTok

Cara Menghapus Cache TikTok

Apa yang terjadi jika cache TikTok dibiarkan menumpuk? Jawabannya ialah TikTok akan lebih lambat ketika dibuka, TikTok berhenti di tengah jalan, tidak bisa memutar video TikTok, Tiktok lag atau macet-macet dan kemungkinan error lainnya. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas Anda di TikTok.

File cache menumpuk juga bisa menyebabkan pengguna tidak bisa kirim pesan di TikTok. Sampai disini dapat dipastikan bahwasanya menghapus file sampah pada TikTok benar-benar sangat diperlukan, karena dapat memberikan efek positif untuk aplikasi TikTok di smartphone Anda tersebut.

Cara menghapus file sampah pada TikTok terbilang sangat gampang, Anda bisa menghapus langsung dari aplikasi TikTok ataupun menghapus dari pengaturan smartphone. Adapun untuk penjelasan lebih jelasnya terkait cara menghapus cache, langsung saja Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membersihkan Cache dari Aplikasi TikTok

Cara Membersihkan Cache dari Aplikasi TikTok

Cara pertama untuk menghapus file sampah tidak berguna di TikTok bisa dilakukan langsung dari aplikasi TikTok sendiri. Cara ini tidaklah sulit dan bahkan Anda bisa melihat ukuran cache.

Untuk cara pertama ini memungkinkan pengguna menghapus cache tanpa menutup aplikasi. Adapun untuk menghapus file sampah TikTok tidak berguna langsung dari aplikasi yakni sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi TikTok di smartphone Android ataupun iPhone Anda.
  2. Kemudian, pada berada fyp TikTok silahkan tekan opsi “Profil” di pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya, pada halaman profil tekan tombol “3 Garis” di pojok kanan atas.
  4. Lalu Anda akan diarahkan ke menu pengaturan dan privasi. Scroll ke bawah dan klik menu “Kosongkan Ruang” pada bagian cache & data seluler.
  5. Pada halaman ini, Anda akan melihat cache TikTok. Untuk menghapus cache TikTok, klik “Bersihkan” di sisi samping.
  6. Terakhir, konfirmasi pop up bersihkan cache dengan menekan “Bersihkan” maka secara otomatis semua cache TikTok akan dihapus.

Cara Hapus Cache TikTok dari Pengaturan

Cara Hapus Cache TikTok dari Pengaturan

Selain cara di atas, pengguna juga bisa menghapus maupun melihat ukuran cache TikTok melalui pengaturan smartphone. Adapun caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama, buka menu “Pengaturan” di smartphone Anda.
  2. Selanjutnya, silahkan scroll dan pilihlah menu “Aplikasi” pada pengaturan.
  3. Berikutnya, pilihlah menu “Kelola Aplikasi” untuk melihat daftar aplikasi.
  4. Lalu, silahkan cari aplikasi TikTok dengan cara klik kolom pencarian serta masukkan kata kunci TikTok.
  5. Kemudian, klik “Penyimpanan” pada halaman info aplikasi TikTok.
  6. Pada halaman ini Anda akan melihat ukuran file cache TikTok.
  7. Untuk menghapus cache TikTok tersebut, klik Hapus Data > Bersihkan Cache > Hapus Cache.

Setelah itu, maka cache akan langsung dibersihkan. Untuk cara kedua mungkin saja akan berbeda opsi, mengingat setiap smartphone mempunyai tata letak opsi pengaturan masing-masing.

Jadi silahkan sesuaikan langkah-langkah di atas berdasarkan tata letak dan option keterangan pengaturan di smartphone Anda. Setelah melakukan cara-cara di atas maka TikTok akan lebih baik.

Nah, itulah informasi lengkap dari iteachandroid.com terkait cara menghapus cache TikTok. Dengan cara di atas, maka semua error TikTok akan hilang, karena file cache telah dibersihkan. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga tutorial membersihkan cache TikTok di atas membantu Anda.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *