8 Cara Menonaktifkan Talkback Android Semua Merek & Tipe 2022

Cara Menonaktifkan Talkback Android

Cara Menonaktifkan Talkback Android – Sistem Android dilengkapi dengan fitur voice assistant atau Talkback yang memungkinkan smartphone Android mengeluarkan suara saat layar disentuh. Fitur ini sengaja disematkan oleh developer sebagai fitur bawaan.

Talkback memang disematkan pada perangkat Android untuk memudahkan penyandang tuna netra dalam mengoperasikan perangkat Android. Jadi wajar saja, apabila semua merek dan tipe HP Android dilengkapi dengan fitur Talkback atau voice assistant.

Namun perlu kamu ketahui, bahwasanya ketika fitur Talkback Android aktif maka perangkat yang kamu gunakan tidak bisa dioperasikan seperti biasa. Dimana kamu tidak bisa menggeser layar, menyentuh atau membuka seperti biasanya yaitu dengan 1 sentuhan.

Karena hal itu, banyak pengguna Android menonaktifkan Talkback. Hal tersebut terbilang wajar, karena memang fungsinya Talkback dikhususkan untuk pengguna tuna netra atau pengguna yang tidak dapat melihat seluruh fitur di dalam perangkat Android.

Apa Itu Talkback ?

Apa Itu Talkback

Bagi yang belum tahu, Talkback adalah software dari Google yang berfungsi untuk membaca layar pada Android. Cara kerjanya yaitu dengan mengkonversi perintah tulisan menjadi lisan atau teks ke audio.

Fitur ini sangat bermanfaat, terutama bagi penyadang disabilitas tuna netra yang tidak dapat melihat namun masih bisa mendengar. Dengan fitur ini, maka penyandang tuna netra akan dengan mudah mengoperasikan smartphone Android.

Kenapa Talkback Perlu Dinonaktifkan ?

Kenapa Talkback Perlu Dinonaktifkan

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa pada saat fitur Talkback aktif maka ponsel tidak dapat dioperasikan seperti biasanya yaitu tidak bisa digeser atau diklik dengan 1 jari atau 1 sentuhan. Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa perlu menonaktifkan Talkback.

Selain itu, ada juga kasus lainnya yaitu fitur Talkback tidak berfungsi, kunci layar dengan pola tidak bisa dibuka karena tidak merespon hingga perangkat Android selalu mengeluarkan suara. Ada banyak hal yang memungkinkan pengguna menonaktifkan Talkback.

Meskipun fitur tersebut disematkan dengan banyak manfaat, namun tidak semua pengguna Android merasa nyaman dengan aktifnya Talkback. Jadi, wajar saja jika banyak pengguna Android lebih memilih untuk menonaktifkan Talkback.

Namun, karena dalam keadaan Talkback aktif entah karena disengaja atau tidak, mungkin menekan tombol volume maupun secara tiba-tiba aktif. Hal ini menyebabkan layar tidak bisa dioperasikan seperti biasa, membuat pengguna kesulitan menonaktifkan Talkback.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Talkback Android? Tentu saja caranya sangat mudah. Adapun caranya, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Talkback Android

Cara Menonaktifkan Talkback Android

Cara menonaktifkan Talkback Android tak seperti cara untuk mengatasi APLIKASI ANDROID MINTA UPDATE PEMBAHARUAN, dimana kamu tidak perlu melakukan reset atau root perangkat Android milikmu. Kamu bisa menonaktifkan Talkback dengan berbagai cara mudah.

Kamu bisa menonaktifkan Talkback Samsung, Oppo, Xiaomi, dan merek HP Android lainnya dengan tombol ataupun melalui menu pengaturan telepon. Penasaran dengan caranya, langsung saja ikuti ulasan di bawah ini.

Menonaktifkan Talkback Dengan Tombol

Cara pertama yaitu dengan menggunakan tombol fisik perangkat Android. Cara ini juga sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan Talkback, namun juga bisa untuk menonaktifkan Talkback.

Dimana cara ini menjadi cara paling simpel, cukup dengan menekan kedua tombol volume di HP Android milikmu. Akan tetapi, kamu perlu membuka kunci layar terlebih dahulu.

tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah

Jadi, pertama silahkan nyalakan smartphone Android milikmu dan buka kunci layar, baik itu password atau sandi. Kemudian, tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan selama 3 detik, maka Talkback akan langsung nonaktif.

Menonaktifkan Talkback Dengan Tombol

Sedikit catatan, cara ini hanya bisa dilakukan apabila aksesibilitas tombol pintasan volume di setting untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Talkback. Jika tidak, maka kamu harus melakukannya melalui pengaturan dengan cara sebagai berikut.

Menonaktifkan Talkback Melalui Pengaturan

Cara menonaktifkan Talkback Android ini bisa dilakukan apabila cara di atas tidak berhasil. Cara ini bisa kamu terapkan di semua merek dan tipe HP Android, hanya saja cara ini memerlukan penyesuaian dari masing-masing perangkat.

Dimana untuk melakukan cara ini kamu perlu mengakses menu pengaturan ponsel Android. Jadi, bisa saja letak dan nama menu yang harus dipilih setiap merek HP berbeda, jadi sesuaikan dengan pengaturan HP yang kamu gunakan.

CATATAN : Pada mode Talkback, gunakan 2 jari untuk mengeser layar dan 2 ketukan untuk membuka menu, aplikasi atau fitur.

  1. Langkah pertama, silahkan nyalakan HP Android kamu dan buka kunci layar dengan cara gulir layar ke atas menggunakan 2 jari.
  2. Setelah kunci layar terbuka, silahkan masuk ke menu “Pengaturan” dengan cara ketuk 2 kali pada menu pengaturan untuk membukanya.
  3. Kemudian, silahkan pilih menu “Pengaturan Tambahan” dan ketuk 2 kali untuk membukanya.
    3. Kemudian silahkan pilih menu Pengaturan Tambahan dan ketuk 2 kali untuk membukanya
  4. Pada menu pengaturan tambahan, silahkan ketuk 2 kali pada “Aksesibilitas” agar terbuka.
    4. Pada menu pengaturan tambahan silahkan ketuk 2 kali pada Aksesibilitas agar terbuka
  5. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Talkback” atau Voice Assistant.
    5. Langkah berikutnya silahkan pilih menu Talkback atau Voice Assistant
  6. Jika sudah tinggal geser toggle ke kiri dan tekan “Berhenti” untuk menonaktifkan Talkback.
    6. Jika sudah tinggal geser toggle ke kiri dan tekan Berhenti untuk menonaktifkan Talkback.
  7. Maka setelah itu, Talkback Android telah dinonaktifkan dan smartphone Android pun bisa dioperasikan seperti biasanya.

Demikianlah cara menonaktifkan Talkback Android yang dapat iteachandroid.com sajikan. Ternyata menonaktifkan Talkback bukanlah sesuatu yang sulit dan cara mengoperasikan smarphone pada saat Talkback aktif juga mudah, cukup operasikan menggunakan 2 jari atau 2 ketukan saja. Sekian, semoga informasinya bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.