25 Cara Reset HP Oppo A15 ke Pengaturan Pabrik 100% Mudah

Cara Reset HP Oppo A15

Cara Reset HP Oppo A15 – Dibekali dengan spesifikasi mumpuni, tak menjamin performa HP Oppo A15 terus dalam kualitas terbaiknya. Seiring dengan lamanya waktu pemakaian hingga banyaknya data yang tersimpan secara internal, membuat smartphone Oppo mulai terasa lemot saat sedang digunakan.

Selain itu banyak pula pengguna Oppo A15 yang mengalami masalah seperti aplikasi not responding, sering restart sendiri, ngehang, hingga masalah lupa password lockscreen. Karena hal itulah, banyak orang melakukan reset HP Oppo, mengingat metode ini sangat efektif mengatasi kendala ringan.

product

Berbagai keuntungan bisa kalian rasakan, apabila HP Oppo A15 yang kalian miliki di atur ulang ke pengaturan pabrik. Selain itu, reset juga menjadi metode yang minim resiko untuk mengatasi permasalahan pada HP dibandingkan metode flashing, sehingga sangat disarankan untuk melakukan reset.

Meskipun demikian, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara reset HP Oppo A15. Nah, buat kalian yang belum mengetahui cara mereset Oppo A15, maka jangan khawatir, dimana cukup simak langsung ulasan di bawah ini hingga akhir untuk mengetahui cara selengkapnya.

Cara Reset HP Oppo A15

Nah, untuk cara reset HP Oppo A15 sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan cara reset HP Oppo A71 dimana kalian dapat melakukan reset melalui Pengaturan maupun Recovery Mode Hard Reset. Adapun untuk cara melakukannya, langsung saja ikuti langkah-langkah pada ulasan di bawah ini.

Cara Reset HP Oppo A15 Lewat Pengaturan

Cara Reset HP Oppo A15 Lewat Pengaturan

Untuk cara pertama ini juga akan mengembalikan smartphone OPPO ke pengaturan pabrik. Namun, cara reset ini bisa dilakukan tanpa tombol power, karena dilakukan melalui menu pengaturan. Adapun cara reset HP Oppo A15 tanpa tombol yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, bukalah menu “Pengaturan” di HP Oppo A15 kalian.
  2. Kemudian, pilihlah menu “Pengaturan Tambahan“.
  3. Berikutnya, silahkan kalian pilih “Buat Cadangan & Reset“.
  4. Disini disarankan untuk “Cadangkan & Pulihkan” jika tidak ingin semua contact, foto dan lainnya terhapus. Namun, jika ingin menghapus seluruh data termasuk foto dan contact maka pilihlah “Reset Data Pabrik“.
  5. Setelah itu, pilih salah satu reset pengaturan sistem sesuai keinginan. Berikut penjelasan setiap pilihan opsi reset yang tersedia.
    • Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus : Memungkinkan untuk menghapus data yang tidak dicadangkan, seperti foto, video, musik dan kontak yang dicadangkan.
    • Hapus Isi & Pengaturan : Opsi ini akan menghapus seluruh data dan pengaturan pada HP Oppo A15 kalian.
    • Hapus Kontak & Log Pgln : Hanya akan mempertahankan kontak di kartu SIM.
    • Hapus Semua SMS & MMS : Pesan SMS di kartu SIM akan dipertahankan.
  6. Setelah memilih salah satu opsi reset tersebut, maka secara otomatis HP Oppo A15 akan restart. Silahkan tunggu hingga proses restart selesai.

Cara Reset HP Oppo A15 Lewat Recovery Mode

Cara Reset HP Oppo A15 Lewat Recovery Mode

Untuk cara kedua yaitu dengan hard reset atau wipe data yang biasanya dilakukan untuk mengatasi lupa PIN, password, pola dan sandi lockscreen HP OPPO. Berikut caranya wipe data HP Oppo A15.

  1. Pastikan baterai HP OPPO terisi 70% agar proses tidak terhenti di tengah jalan karena baterai low.
  2. Untuk melakukan hard reset, silahkan matikan daya ponsel terlebih dahulu.
  3. Cara masuk menu recovery mode HP Oppo A15 yaitu tekan dan tahan tombol “Volumen Bawah” dan “Power” secara bersamaan selama beberapa detik.
  4. Setelah berhasil masuk ke menu recovery mode, silahkan pilih “English“.
  5. Selanjutnya, silahkan pilih “Wipe Data” gunakan tombol volume sebagai navigasi. Lalu, tinggal tekan tombol power untuk menjalankan perintah.
  6. Berikutnya, pilihlah “Wipe Data (Keep SMS, Contact and Photos)” dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.
  7. Tekan OK untuk melanjutkan, maka secara otomatis wipe data akan berjalan dan silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah muncul pemberitahuan Wipe Complete, maka lanjutkan dengan menekan “Reboot“.
  9. Maka ponsel akan langsung restart dan silahkan tunggu hingga beberapa menit sampai masuk ke menu layar secara otomatis.
  10. Setelah masuk ke menu layar, maka kalian hanya perlu melakukan pengaturan awal seperti biasa. Selesai.

Dampak Mereset Oppo A15

Dampak Mereset Oppo A15

Meskipun memberikan banyak manfaat yang menguntungkan, akan tetapi reset juga bisa memberikan dampak negatif. Itulah sebabnya, sebelum melakukan reset sebelum melakukan reset sangat dianjurkan untuk membackup data terlebih dahulu karena reset memiliki resiko tersendiri.

Jadi, pikirkan dengan matang terlebih dahulu sebelum HP Oppo A15 kalian dikembalikan ke pengaturan pabrik. Hal ini dikarenakan mereset smartphone memiliki berbagai resiko seperti berikut.

  1. HP OPPO A71 bisa terkunci setelah selesai melakukan reset.
  2. Menghapus seluruh data pada memori penyimpanan, mulai dari data aplikasi, foto, video, kontak dan lain sebagainya.
  3. Logout atau keluar dari semua akun aplikasi dan media sosial.
  4. Dapat menimbulkan masalah pada software.
  5. Bootloop jika proses reset tidak berjalan dengan lancar.
  6. Kekuatan jangkauan sinyal pada ponsel menjadi terganggu.

Itulah sejumlah dampak yang mungkin bisa terjadi setelah kalian melakukan reset. Namun, di beberapa kasus dampak buruk reset di atas terjadi karena proses reset yang tidak sesuai.

Minim resiko dan memberikan banyak manfaat, tentunya reset sangat disarankan untuk dilakukan. Nah, mungkin hanya itu saja informasi dari itechandroid.com, semoga cara reset di atas membantu.

Sumber gambar: dedeyosep.my.id, infoteknologi.com, sukakepo.com

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *