10 Cara Reset HP Oppo A1K Kembali ke Pengaturan Pabrik

10 Cara Reset HP Oppo A1K Kembali ke Pengaturan Pabrik

Oppo merupakan salah satu vendor HP yang sudah merilis banyak tipe HP, salah satunya Oppo A1K. Oppo A1K dikenal memiliki kualitas dengan spesifikasi yang mumpuni. Meskipun begitu, namun seringkali terjadi sedikit masalah pada HP Oppo A1K. Nah, untuk mengatasi masalah kecil tersebut, maka anda bisa melakukan cara reset HP Oppo A1K.

Perlu anda ketahui, bahwa reset dapat mengatasi masalah kecil pada HP, seperti perangkat software error, lupa password, aplikasi tidak menanggapi dan lain sebagainya. Hal ini dikarenaka, reset akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Sehingga semua sistem akan kembali seperti baru, dengan begitu semua masalah kecil akan teratasi.

Terjadi kerusakan kecil pada HP Oppo A1K, buka berarti HP tersebut tidak berkualitas, namun biasanya HP mengalami kerusakan kecil sebab dimaka usia. Penggunaan yang sudah cukup lama, biasanya akan menurunkan kinerja. Dengan demikian, HP akan kurang maksimal dan akan timbul kerusakan kecil, seperti kinerja lemot, software error dan lain sebagainya.

Nah, kebanyakan orang melakukan reset untuk mengatasi kerusakan kecil pada HP Oppo A1K milik mereka. Namun, masih banyak yang belum mengatahui cara reset HP Oppo A1K. Lantas bagaimana caranya melakukan reset HP Oppo ? Nah, berikut ini iteachandroid akan menyajikan caranya mereset HP Oppo A1K seperti di bawah ini.

Cara Reset HP Oppo A1K Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset HP Oppo A1K Kembali ke Pengaturan Pabrik

Perlu sobat iteach ketahui, bahwa melakukan reset HP akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Hal ini akan menghapus seluaruh data yang ada pada ponsel. Maka dari itu pastikan anda sudah melakukan backup data terlebih dahulu, sebelum melakukan reset. Nah, bagi anda yang ingin mereset data HP Oppo A1K, anda bisa melakukan factory reset atau hard reset.

Pada dasarnya, keduanya mirip, hanya saja perbedaan keduanya terletak pada kerusakan HP Oppo A1K. Factory reset biasanya digunakan untuk mengatasi kerusakan ringan, sedangkan hard reset untuk mengatasi kerusakan yang sedang. Adapun cara melakukan reset, silahkan ikuti cara-cara yang akan iteachandroid sajikan di bawah ini.

Cara Mereset Data Oppo A1K

1. Cara Factory Reset Oppo A1K

Cara Factory Reset Oppo A1K

Untuk melakukan factory reset anda hanya perlu masuk ke menu backup dan reset di menu pengaturan. Cara yang satu ini terbilang mudah. Cara ini akan mengatasi kerusakan kecil seperti adanya aplikasi yang tidak menanggapi, aplikasi sering keluar sendiri dan lain-lain. Adapun cara melakukan factory reset, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan hidupkan HP Oppo A1K anda.
  • Kemudian, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  • Selanjutnya, silahkan cari dan pilih menu “Backup & Reset” di menu pengaturan.
  • Setelah masuk ke menu backup & reset, silahkan anda pilih opsi “Reset Phone“.
  • Untuk mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, silahkan anda pilih “Erase All Data” lalu tekan “Yes“.
  • Kemudian, HP akan restart secara otomatis, silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, maka HP akan menyala dengan tampilan homescreen seperti baru pertama kali dibeli.

2. Cara Hard Reset Oppo A1K

Cara Hard Reset Oppo A1K

Untuk cara hard reset metodenya berbeda dengan factory reset. Nah, hard reset bisa anda lakukan apabila HP Oppo A1K anda mengalami bootloop atau terjadi error. Sama halanya dengan factory reset, hard reset juga akan mengembalikan HP anda ke pengaturan pabrik. Adapun caranya melakukan hard reset silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama, silahkan matikan HP Oppo A1K terlebih dahulu.
  • Pastikan baterai terisi minimal 50%.
  • Selanjutnya, silahkan tekan dan tahan tombol “power” dan “volume bawah” secara bersamaan hingga masuk ke menu “Recovery Mode“.
  • Setelah masuk ke memu Recovery Mode, silahkan gunakan tombol “Volume” untuk memilih menu dan tombol “Power” untuk mengkonfirmasi atau menyetujui.
  • Kemudian, silahkan tekan tombol volume untuk mengarahkan ke menu “Wipe Data & Cache” lalu, tekan tombol power untuk OK atau mengkonfirmasi.
  • Silahkan pilih “Wipe Data dan Cache” lalu tekan “YA” untuk mengkonfirmasi penghapusan semua data.
  • Setelah itu, silahkan pilih menu “Reboot System Now” dan tekan “OK
  • Selanjutnya, silahkan tunggu hingga proses reset selesai.
  • Jika sudah, maka HP secara otomatis akan menyala dengan sendirinya dan akan masuk ke homesreen dengan tampilan seperti baru.

Apa Bedanya Factory Reset Dengan Hard Reset ?

Apa Bedanya Factory Reset Dengan Hard Reset

Dari segi proses keduanya berbeda. Factory reset diakses malalui fitur yang sudah disediakan oleh sistem itu sendiri. Sedangkan hard reset diakses menggunakan sistem recovery mode diluar sistem. Jika dilihat dari sisi kerusakan, factory reset dilakukan untuk mengatasi kerusakan ringan. Sedangkan hard reset, dilakukan untuk mengatasi kerusakan sedang seperti, lupa password, error dan lain sebagainya. Lantas mana yang lebih baik ? pada dasarnya keduanya sama, factory reset maupun hard reset akan membersihkan semua data dan cache atai file sampah. Selain itu, keduanya juga akan meningkatkan kinerja HP.

Itulah beberapa cara reset HP Oppo A1K yang dapat iteachandroid.com sajikan untuk anda. Silahkan lakukan seperti cara di atas yang menurut anda cocok untuk dilakukan. Factory reset dan hard reset juga menjadi salah satu cara membuka pola HP Oppo. Mungkin hanya itu saja infomasi yang dapat iteachandroid sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *