√ Registrasi Kartu Indosat Gagal Terus Sampai 5X ? Ini Solusinya!

Registrasi Kartu Indosat Gagal

Registrasi Kartu Indosat Gagal – Hampir setiap orang kini memiliki ponsel atau HP guna alat komunikasi setiap harinya. Dengan penggunaan HP tersebut maka pengguna perlu dan membutuhkan nomor atau SIM Card untuk pengaksesannya.

Ada banyak provider yang menyediakan nomor HP mulai dari Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat dan beberapa lainnya. Di Indonesia sendiri provider Indosat banyak digunakan dan menjadi kepercayaan, hal itu karena sinyal sudah mendukung di daerah mana pun.

Citayam

Selain itu, penggunaan nomor HP Indosat juga diberi keunggulan berupa banyaknya pilihan paket internet yang murah mulai dari paket unlimited YouTube, paket harian, mingguan, bulanan serta serta beberapa pilihan paket yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Sebelum bisa menggunakan kartu / SIM Card Indosat, pengguna perlu registrasi dahulu. Anda bisa lakukan cara registrasi dengan KTP dan KK sesuai dengan ketentuan pemerintah atau registrasi kartu Indosat tanpa KTP dan KK.

Registrasi Kartu Indosat Gagal

Registrasi Kartu Indosat Gagal

Namun dalam beberapa kasus ada beberapa kendala yang menyebabkan proses registrasi kartu Indosat gagal, bahkan pengguna banyak yang mengalami gagal terus sampai 5 kali. Lantas apa yang terjadi? Untuk hal itu, kami akan sampaikan secara lengkap penyebab dan cara mengatasinya.

Fungsi & Manfaat Registrasi Nomor HP

Namun sebelum lanjut ke pembahasan terkait permasalahan registrasi kartu Indosat gagal terus-menerus tersebut, alangkah baiknya Anda ketahui fungsi dan manfaat dari melakukan registrasi kartu atau nomor HP. Antara lain dari fungsi dan manfaatnya yaitu:

1. Menghindari Tindak Kejahatan

Pertama, manfaat registrasi kartu HP yaitu guna memberi kenyamanan dalam berkomunikasi dari penipuan dan berbagai tindak kejahatan yang merugikan lainnya. Karena pasti nomor tidak dikenal yang “minta pulsa” atau “minta transfer” dan mengganggu.

Dengan lakukan registrasi kartu, maka data pelaku kejahatan akan terekam oleh operator seluler dan jika pelaku kejahatan tidak melakukan registrasi maka nomor merek akan diblokir. Itulah pentingnya registrasi kartu dengan KTP dan KK.

2. Dukungan Terhadap Ekonomi Digital

Kedua, manfaat registasi kartu HP yaitu berdampak pada perekonomian, seperti misalnya mendorong transaksi non-tunai menjadi lebih aman dan inklusif. Adanya data nomor kartu SIM jelas, semua transaksi elektronik bisa dipertanggungjawabkan.

3. Meningkatkan Keamanan

Ketiga, manfaat registrasi kartu HP yaitu membuat pelanggan telekomunikasi memiliki identitas valid yang akan memberikan perlindungan dan keamanan di era digital. Contoh, ada catatan valid siapa pemilik kartu SIM seluler prabayar yang menjadikan lebih tenang dalam menggunakan layanan online (GoPay dan lainnya).

Penyebab Kenapa Registrasi Kartu Indosat Gagal Terus

Penyebab Kenapa Registrasi Kartu Indosat Gagal Terus

Setelah mengetahui manfaat dan keuntungan di atas, maka mari kembali ke pembahasan registrasi kartu gagal. Pastinya banyak dari Anda yang bertanya apa penyebab? Kenapa bisa gagal? Apa masalahnya? dan inilah beberapa penyebab kenapa registrasi kartu Indosat gagal:

1. Ada Perbedaan Nomor NIK & KK

Penyebab pertama gagal registrasi kartu yaitu karena ada perbedaan antara nomor NIK dan KK masuh belum tervalidasi. Hal inilah yang akibatkan data pengguna belum masuk ke data base kepundudukan dan pencatatan sipil kemendagri.

2. Salah Input Format Registrasi

Penyebab kedua gagal registrasi kartu yaitu karena salah input atau memasukkan format registrasi. Karena seperti diketahui sendiri jika registrasi nomor HP setiap provider akan berbeda satu sama lain, jadi antara Indosat, Telkomsel, XL akan ada perbedaan.

3. Data Dibutuhkan Belum Siap

Penyebab ketiga gagal registrasi kartu yaitu karena data dibutuhkan belum lengkap, di mana ada dua aspek penting dalam perlengkapan registrasi sebuah nomor HP. Dua aspek tersebut adalah nomor NIK dan nomor KK.

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Gagal

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Gagal

Jika sudah tahu apa faktor penyebab kenapa registrasi kartu Indosat gagal di atas, maka selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana solusi cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi, pahami dan simak di bawah ini.

1. Cek & Pastikan Nomor KTP & KK Sesuai

Cara mengatasi pertama registrasi kartu Indosat gagal terus bahkan sampai 5 kali bisa dicoba dengan mengecek dan memastikan nomor KTP dan KK sudah benar saat dimasukkan ke format pesan SMS. Barang kali kejadian gagal ini terjadi akibat pengguna typo, kelebihan atau kekurangan masukkan satu angka.

Dengan begitu, sebelum mengirim pesan format registrasi nomor kartu / SIM card Indosat alangkah baiknya Anda kedua aspek yaitu nomor NIK dan KK sudah sesuai. Baru setelah itu mengirimnya dan tunggu balasan jika Anda berhasil lakukan registrasi kartu.

2. Pastikan Format Registrasi Benar

Cara mengatasi kedua registrasi kartu Indosat gagal yaitu dengan memastikan format SMS sudah benar, karena setiap provider memiliki perbedaan format SMS registrasinya. Untuk format registrasi kartu Indosat bisa dilihat di bawah ini:

Format Registrasi Kartu Lama

Ulang#NIK#Nomor KK#
Kirim ke 4444

Format Registrasi Kartu Baru

NIK#Nomor KK#
Kirim ke 4444

Jika format benar dan tetap saja gagal registrasi, maka silakan ulangi SMS secara berkala sampai berhasil dan mendapatkan balasan SMS jika sudah berhasil registrasi.

3. Lakukan Registrasi Lewat Website

Cara mengatasi ketiga registrasi kartu Indosat gagal yaitu dengan mencoba registrasi dengan cara lain seperti melakukannya lewat website. Untuk langkahnya registrasi kartu Indosat lewat website sendiri terbilang sangat mudah, ini langkahnya:

  • Buka browser di perangkat di smartphone, laptop atau komputer.
  • Kemudian kunjungi halaman registrasi di sini.
  • Lanjut input nomor Indosat yang akan di aktifkan / registrasi.
  • Maka tunggu sebentar dan Anda akan dapatkan notifikasi registrasi kartu Indosat berhasil.

4. Kunjungi Gerai Indosat

Saat beberapa cara registrasi kartu Indosat di atas tetap saja alami gagal terus-menerus, maka solusi terakhir yaitu dengan berkunjung atau datang ke gerai Indosat terdekat. Sesampainya di gerai silakan minta bantuan dan sampaikan permasalahan jika registrasi kartu gagal terus.

Namun sebelum datang dan berkunjung, perlu beberapa hal yang harus dibawa seperti misalnya KTP dan KK di mana nantinya berguna dalam proses registrasi. Tidak hanya itu, Anda perlu juga menunjukkan jika Anda sudah memasukkan data secara benar namun tetap saja gagal terus.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan yang dapat iteachandroid.com sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi registrasi kartu Indosat gagal terus bahkan sampai 5 kali atau lebih. Semoga dengan adanya pembahasan gagal registrasi kartu / SIM Card di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : beautynesia.id, rctiplus.com

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.