14 Cara Membuat Token di Google Form Mudah dan Cepat 2021

14 Cara Membuat Token di Google Form Mudah dan Cepat 2021

Cara membuat token di Google Form wajib untuk diketahui. Pasalnya token ini akan membantu dalam pelaksanaan ulangan online. Seperti yang kita ketahui bahwa token atau password ini berfungsi untuk menjaga akun terkait informasi data penting yang bersifat rahasia.

Dengan menerapkan token atau password ini pada kegiatan ulangan online, maka siswa lain tidak bisa login mencari data atau informasi di soal-soal ulangan siswa lainnya, meskipun semua soal sama, hanya saja diacak. Dengan kata lain siswa tidak dapat menyontek jawaban.

Selain untuk menjaga keamanan akun, penerapan token dalam ulangan juga akan membuat ulangan lebih profesional. Selain penggunaan TIMER di GOOGLE FORM, penerapan token juga dapat menerapkan kedisiplinan siswa ketika sedang melaksanakan ujian online.

Lantas bagaimana caranya membuat timer atau password di Google Form? Nah, bagi anda yang belum tahu caranya, berikut ini iteachandroid akan memberikan tutorial cara membuat token di Google Form. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Token di Google Form Mudah dan Cepat

Cara Membuat Token di Google Form Mudah dan Cepat

Cara membuat token di Google Form sendiri terbilang sangat mudah. Namun, sebelum membuat token, perlu anda ketahui bahwa token di Google Formulir ini memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat untuk mendisiplinkan siswa. Adapun fungsi token pada Google Formulir yaitu sebagai berikut.

Fungsi Token Pada Google Form

Nah, sebelum membuat tokem di Google Formulir, sebaiknya anda mengetahui fungsi sebenarnya dari token atau password pada Google Formulir terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan fungsi dari fitur ini sangat penting. Apa pentingnya mengetahui fungsi token pada Google Formulir? Dengan mengetahui fungsi dari token ini, maka pemanfaatan fitur ini akan lebih maksimal, sehingga dalam pembuatan soal akan lebih profesional.

Lantas apa fungsi dari token pada Google Form. Seperti yang sudah kami singgung pada ulasan di atas, bahwa token ini berfungsi sebagai pengaman informasi rahasia. Namun fungsi tersebut masih terlalu general, untuk fungsi yang lebih spesifikanya yaitu sebagai berikut.

  • Membuat ulangan menjadi lebih profesional.
  • Menerapkan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan soal.
  • Mengawasi siswa agar tidak mencontek.
  • Untuk menampilkan teks kesalahan khusus apabila token yang dimasukan salah.

Nah, setelah mengetahui fungsinya, barulah anda bisa membuat token, sehingga pembuatan soal atau MENGIMPORT SOAL DARI WORD akan lebih mudah dan profesional.

Cara Membuat Token di Google Form

Untuk membuat token di Google Form sendiri terbilang sangat mudah. Caranya sendiri seperti anda ingin membuat soal seperti biasa. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama, silahkan buka Google Form. Lalu, silahkan pilih “Buka Google Formulir“.
    Langkah yang pertama silahkan buka Google Form. Lalu silahkan pilih Buka Google Formulir.
  2. Kemudian, silahkan klik ikon “+” memulai formulir baru.
    Kemudian silahkan klik ikon memulai formulir baru.
  3. Selanjutnya, silahkan buat judul, deskiripsi. Pada form pertanyaan silahkan, ganti opsi dengan “Jawaban Singkat“.
    Selanjutnya silahkan buat judul deskiripsi. Pada form pertanyaan silahkan ganti opsi dengan Jawaban Singkat.
  4. Lalu, masukkan pertanyaan dan deskiripsi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh : Pada kolom pertanyaan, kami menulis judul “Masukkan Token” dan deskripsi dengan “Silahkan login terlebih dahulu untuk memulai ulangan“. Setelah itu, silahkan aktifkan opsi “wajib diisi“. Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar berikut.
    Lalu masukkan pertanyaan dan deskiripsi sesuai kebutuhan
  5. Untuk membuat token silahkan klik “3 titik” disebelah kanan wajib diisi, lalu pilih “Validasi Respon“.
    Untuk membuat token silahkan klik 3 titik disebelah kanan wajib diisi lalu pilih Validasi Respon.
  6. Kemudian, silahkan buat token pada kolom angka dan deskripsi teks kesalahan. Anda juga dapat membuat membuat token dengan kombinasi teks dan angka. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak gambar berikut.
    Kemudian silahkan buat token pada kolom angka dan deskripsi teks kesalahan. Anda juga dapat membuat membuat token dengan kombinasi teks dan angka
  7. Setelah itu, silahkan buat soal sesuai kebutuhan anda.
  8. Setelah soal selesai dibuat. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik ikon “mata“. di sebelah kanan atas.
    Setelah soal selesai dibuat. Untuk melihat hasilnya silahkan klik ikon mata. di sebelah kanan atas.
  9. Maka setelah itu, akan muncul tampilan formulir, seperti gambar di bawah ini.
    Maka setelah itu akan muncul tampilan formulir seperti gambar di bawah ini.
  10. Silahkan coba terlebih dahulu. Caranya, silahkan masukkan token, kemudian coba jawab satu pertanyaan.
  11. Lalu tekan kirim. Jika muncul informasi lihat skor, maka artinya token telah berhasil di buat. Namun juga token tidak isi maka soal tidak dapat dikirim.
    Lalu tekan kirim. Jika muncul informasi lihat skor maka artinya token telah berhasil di buat. Namun juga token tidak isi maka soal tidak dapat dikirim.
  12. Setelah itu, silahkan kembali ke menu soal yang ada buat sebelumnya. Lalu silahkan klik “Kirim” untuk membagikan ke siswa.
    Setelah itu silahkan kembali ke menu soal yang ada buat sebelumnya. Lalu silahkan klik Kirim untuk membagikan ke siswa.
  13. Anda bisa mengirim melalui email atau melalui link. Agar lebih mudah silahkan kirim melalui link. Jika link terlalu panjang, silahkan centang opsi “perpendek URL” kemudian, silahkan klik “Salin“.
    Anda bisa mengirim melalui email atau melalui link. Agar lebih mudah silahkan kirim melalui link. Jika link terlalu panjang silahkan centang opsi perpendek URL kemudian silahkan klik Salin.
  14. Terakhir, silahkan kirim link tersebut ke pada siswa yang akan mengikuti ulang online. Jangan lupa juga untuk menyertakan token untuk login.

Itulah beberapa cara membuat token di Google Form yang dapat iteachandroid.com sajikan untuk anda. Mudah sekali bukan caranya, dengan mengikuti cara di atas, maka anda tidak akan kesulitan dalam membuat token. Sekian dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semuanya.

 

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *