7 Cara Mengatasi Kartu SIM Ditolak di HP Nokia, Dijamin Berhasil!!!

Cara Mengatasi Kartu SIM Ditolak di HP Nokia

Cara Mengatasi Kartu SIM Ditolak di HP Nokia – Produk HP Nokia bagaikan baja, begitu awet dan jarang sekali mengalami masalah. Meskipun demikian, HP Nokia seolah telah mati terkikis oleh masa dan kemajuan teknologi, keterlambatan mereka terjun ke OS Android yang membuatnya terpuruk.

Walaupun begitu, namun hingga artikel ini dipublikasikan masih banyak orang yang menggunakan HP Nokia, baik HP jadul maupun smartphone. Dari sebagian besar pengguna HP Nokia, banyak pengguna yang melaporkan bahwa mereka mengalami masalah kartu SIM ditolak atau tidak terbaca.

Sebenarnya masalah seperti ini tidak hanya terjadi pada HP Nokia, namun juga bisa terjadi pada semua type dan merek HP. Dimana masalah yang terjadi adalah kartu yang Anda masukkan tidak memunculkan sinyal, tidak ada bar jaringan, dan ketika di cek di pengaturan pun tulisannya tidak ada kartu SIM.

Nah, bagi Anda pengguna HP Nokia yang juga mengalami masalah seperti ini, maka tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk mengatasinya. Adapun untuk informasi lebih lengkap lagi, maka langsung saja Anda simak ulasan lengkap dari kami di bawah ini.

Penyebab Kartu SIM Ditolak di HP Nokia

Penyebab Kartu SIM Ditolak di HP Nokia

Kartu SIM ditolak sebenarnya adalah kasus yang menyerupai masalah kartu SD tidak terbaca di HP Vivo hanya saja ini terjadi pada SIM card di HP Nokia. Kartu SIM ditolah dan tidak terbaca tentu saja terjadi karena ada penyebabnya. Lantas, apa penyebab kartu SIM ditolak di HP Nokia? Berikut penjelasannya.

1. Kuningan SIM Card Kotor atau Rusak (Korosi)

Pada kartu SIM Anda akan menemukan semacam tembaga (kuningan) berwarna emas yang berfungsi untuk membaca kartu SIM agar terbaca di HP. Jadi jika kuningan ini kotor atau rusak (tergores) maka kartu SIM tidak akan terbaca (ditolak) oleh ponsel, sehingga tidak terdeteksi sebagai kartu aktif.

2. Kuningan HP Nokia Rusak atau Kotor

Selain kuningan pada kartu SIM, kuningan yang ada pada slot SIM card ponsel kotor atau tergores juga menjadi penyebab SIM card ditolak. Karena kebanyakan HP Nokia menggunakan baterai removable, Anda cukup mengambil baterai HP, lalu lihat keadaan kuningan yang ada pada HP Anda.

3. Slot SIM Card Rusak atau Kotor

Hal yang paling sering menyebabkan kartu SIM ditolak di HP Nokia adalah karena slot tempat untuk meletakkan SIM card rusak atau kotor. Bahkan tak jarang, jika SIM card ditolak karena IC pada slot SIM Card sudah rusak dan usang sehingga tidak dapat membaca SIM card sebagai kartu yang aktif.

Cara Mengatasi Kartu SIM Ditolak di HP Nokia

Cara Mengatasi Kartu SIM Ditolak di HP Nokia

Cara mengatasi kartu SIM ditolak di HP Nokia pada dasarnya adalah pekerjaan yang begitu mudah. Dimana ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa saja cara-cara mengatasi kartu SIM ditolak tersebut? Langsung saja Anda simak caranya pada ulasan di bawah ini.

1. Bersihkan Kuningan Kartu SIM

Cara yang pertama yakni dengan membersihkan bagian tembaga berwarna emas pada kartu SIM dengan cara menggosoknya menggunakan penghapus karet. Setelah itu, maka pasang kembali kartu SIM ke HP Nokia Anda, jika belum terdeteksi coba pindah posisi dari SIM 1 ke SIM 2 atau sebaliknya.

2. Bersihkan Kuningan HP Nokia

Jika cara pertama tidak berhasil, maka cara lain untuk mengatasi kartu SIM ditolak di HP Nokia adalah dengan membersihkan bagian kuningan di HP Nokia. Bersihkan perlahan menggunakan cotton bud.

3. Bersihkan atau Ganti Slot Kartu SIM HP Nokia

Lalu, coba bersihkan slot tempat menaruh SIM card HP Nokia dengan menggunakan jarum, lidi atau cotton bud secara perlahan. Jika setelah dibersihkan kartu SIM masih ditolak, maka coba untuk mengganti komponen slot SIM Card HP Nokia dengan komponen yang baru untuk mengatasinya.

4. Bongkar HP Nokia Anda

Jika masih tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah dengan membongkar sendiri HP Nokia Anda. Pembongkaran HP Nokia tidak memerlukan obeng, sebab HP Nokia jadul sendiri hanya dipasangi soket sebagai pengait antar casing supaya mudah dibongkar.

Setelah melakukan pembongkaran, lihat pada jalur yang mengarah pada SIM Card. Bersihkan bagian tersebut, jangan sampai ada noda yang menutupi. Apabila jalur tersebut ternyata putus, Anda bisa menyambungkannya kembali menggunakan solder dan timah.

Setelah tersambung dan bersih semua, sekarang saatnya Anda memasang kembali bagian-bagian komponen HP, lalu pasang kembali SIM Card tersebut. Lihat hasilnya, apakah berhasil terbaca atau tidak.

5. Cek dan Ganti IC PA HP Nokia

IC PA adalah komponen penting sebagai penguat sinyal pada kartu SIM. IC ini juga berperan untuk membaca kartu SIM operator seluler, sehingga jika kartu SIM ditolak terus menerus, maka kemungkinan itu terjadi karena IC PA telah usang. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan bawa ke tukang service.

6. Service HP Nokia

Cara mengatasi kartu SIM ditolak di HP Nokia yang terakhir setelah semua cara di atas sudah dicoba namun masih tidak berhasil adalah dengan membawanya ke tukang service HP. Anda juga bisa membawa HP Nokia Anda ke service center Nokia untuk mendapatkan penanganan oleh orang yang ahli.

Nah, itulah informasi lengkap dari website iteachandroid.com mengenai cara mengatasi kartu SIM ditolak di HP Nokia dilengkapi dengan penyebab kartu SIM tidak terbaca dan ditolak di HP Nokia. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas memberikan solusi buat Anda.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.