OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery ? Berikut Cara Mengatasinya

OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery ? Berikut Cara Mengatasinya

OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery – OPPO A37f hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dibekali dapur pacu Chipeset buatan Qualcomm seri snapdragon 616. Chipset punya kekuatan processor tipe Quad core seri Cortex A53 berkecepatan 1.2 GHz membuat multitasking menjadi lebih nyaman.

OPPO A37f sudah berbasis Android 5.1 dan ColorOS v3.0 memberi performa yang mulus serta smooth. Dengan spesifikasi tersebut OPPO A37f punya kinerja yang lumayan baik, sehingga wajar saja apabila banyak orang yang menyukai dan menggunakan smartphone OPPO A37f ini.

Walaupun punya kinerja apik, namun tak jarang juga jika HP OPPO A37f mengalami error yang membuat beberapa sistem tidak bisa diakses. Bagaimanapun error ini pasti akan terjadi pada sebuah sistem, mengingat tidak ada sistem yang dibuat manusia dengan sempurna, pasti ada saja kurangnya.

Salah satu error atau permasalahan yang kerap kali dialami oleh pengguna smartphone OPPO A37f yaitu gagal masuk ke recovery mode. Mengapa hal ini bisa terjadi? Adapun penyebab dan cara mengatasi HP OPPO A37f tidak bisa masuk ke recovery mode, bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.

Penyebab OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery

Penyebab OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery

HP tiba-tiba tidak bisa masuk recovery biasanya terjadi ketika pengguna ingin melakukan reset HP OPPO, intall ulang firmware, wipe data dan lain sebagainya. Error ini banyak dialami oleh sejumlah pengguna OPPO A37f.

Sejumlah pengguna OPPO A37f kerap kali mengalami gagal masuk recovery ketika mereka ingin reset HP OPPO lupa password. Dimana kebanyakan cara mengatasi OPPO lupa password pola dilakukan lewat recovery mode.

Nah, ketika tidak bisa masuk ke recovery tentu saja hal itu sangat menyebalkan dan membuat proses reset menjadi terkendala. Error seperti ini bisa terjadi, sebab ada hal yang tidak bekerja dengan normal pada OPPO A37f.

Bisa saja ada salah satu komponen OPPO A37f yang rusak. Penyebab paling umum yang membuat OPPO A37f gagal masuk recovery mode ialah karena ada kerusakan pada tombol volume dan power.

Di beberapa kasus, smartphone tidak bisa masuk ke recovery disebabkan karena tombol volume bawah konslet hingga membuatnya tidak berfungsi dengan normal untuk mengurangi volume audio.

Selain itu HP OPPO A37 gagal masuk recovery juga bisa disebabkan karena salah memasang custom ROM, sehingga membuat sistem pada smartphone OPPO menjadi bug dan error.

Jika ini terjadi pada HP OPPO A37f kamu, maka tidak perlu khawatir karena error ini masih bisa diatasi dengan mudah. Lantas, bagaimana cara mengatasi OPPO A37f gagal masuk recovery? berikut caranya.

Cara Mengatasi OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery

Cara Mengatasi OPPO A37f Tidak Bisa Masuk Recovery

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, jika OPPO A37f tidak bisa masuk mode boot pemulihan. Cara mengatasinya juga tidak sulit, bahkan kamu bisa melakukannya tanpa bantuan orang lain.

Namun, tidak selamanya cara ini berhasil mengatasi HP tidak bisa masuk recovery. Kamu mesti memilih berdasarkan penyebabnya agar cara yang digunakan efektif dan bekerja dengan baik.

Berikut adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan ketika tidak dapat masuk ke recovery mode saat ingin melakukan hard reset, install ulang firmware, wipe data dan lain sebagainya.

1. Cara Masuk Recovery Mode HP OPPO A37f

Mungkin karena salah menekan tombol atau memang belum tahu cara masuk ke recovery mode, kamu sudah beranggapan bahwa HP Android milikmu tidak bisa masuk ke recovery mode. Ini kemungkinan besar karena kamu salah menekan tombol sehingga tidak bisa masuk recovery mode.

Jadi pastikan dulu bahwa tombol yang kamu tekan sudah benar. Untuk masuk ke recovery mode di HP OPPO A37f caranya cukup tekan dan tahan tombol “Volume Bawah + Power” secara bersamaan.

Mungkin saja, OPPO A37f gagal jalankan recovery karena kamu tidak tepat dalam menekan tombol. Bisa jadi kamu menekan tombol volume tepat ditengah-tengah, sehingga gagal masuk recovery.

2. Masuk Dengan Terminal Emulator

Nah, jika HP milikmu tidak bisa masuk recovery, maka tidak usah panik karena kamu masih tetap bisa masuk recovery dengan bantuan Terminal Emulator. Ini adalah sebuah aplikasi seperti CMD, namun ini dijalankan di Android.

Terminal Emulator merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengakses sistem Android menggunakan suatu perintah. Aplikasinya punya baris command serta memiliki suatu perintah dasar untuk masuk ke CMW.

Cara menggunakan aplikasi terminal emulator sangat mudah. Pertama, silahkan kamu install aplikasi Terminal Emulator terlebih dahulu di HP OPPO A37f melalui Google Playstore.

Setelah terinstall, silahkan jalankan aplikasinya. Lalu, tinggal ketik “Reboot Recovery” dan tekan OK, maka secara otomatis HP OPPO kamu melakukan reboot dan masuk ke recovery mode.

3. Mengganti CMW atau TWRP

Jika menggunakan recovery mode bawaan, smartphone OPPO tidak bisa masuk karena sistem rusak atau error. Maka kamu bisa mengubah recovery mode bawaan OPPO A37f ke custom recovery.

Akan tetapi cara ini hanya berlaku untuk HP OPPO A37f yang sudah pernah di root. Selain itu, melakukan custom ROM juga menimbulkan masalah seperti tidak bisa masuk kedua recovery mode.

Jadi, salah satu cara mengatasinya yaitu mengganti ke CWM sebelumnya pakai TWRP ataupun sebaliknya. Cara ini mungkin akan bekerja, jika HP OPPO A37f kamu menggunakan custom ROM.

4. Service HP OPPO

Cara terakhir paling aman dan menjadi solusi alternatif jika HP tetap tidak bisa masuk recovery yaitu dengan memperbaikinya ke tempat service HP. Cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk memperbaiki tombol volume dan power yang telah rusak atau tidak berfungsi normal.

Service HP OPPO A37f menjadi cara paling aman, sebab ini ditangani oleh orang yang ahli dalam urusan HP. Namun, disini kami sarankan untuk membawa OPPO A37f ke tempat service center OPPO resmi, karena ini lebih bisa dipercaya serta bisa service gratis dengan garansi jika masih berlaku.

Nah, itulah informasi lengkap dari iteachandroid.com terkait penyebab dan cara mengatasi OPPO A37f tidak bisa masuk recovery mode. Cara-cara di atas telah kami uji dan benar-benar mengatasi HP OPPO gagal masuk recovery, jadi pantas sekali kamu coba. Demikianlah semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *