5 Cara Mengatasi Notifikasi Telat di Xiaomi 100% Berhasil

5 Cara Mengatasi Notifikasi Telat di Xiaomi 100% Berhasil

Cara Mengatasi Notifikasi Telat di Xiaomi – MIUI terus mengalami peningkatan dengan dilengkapi antarmuka yang telah menerima facelift yang sangat dibutuhkan dan segudang fitur baru, namun ini masih memunculkan beberapa masalah. Notifikasi terus menjadi masalah signifikan di Xiaomi.

Dimana Xiaomi dan superstruktur MIUI tak pernah sepenuhnya sempurna dalam hal notifikasi. Meskipun telah hadir MIUI versi terbaru untuk meningkatkan push notifikasi, namun masih banyak pengguna Xiaomi mendapatkan notifikasi telat, jadi terkadang mereka kehilangan pesan penting.

Masalah notifikasi telat sebenarnya masalah yang menimpa sebagian besar UI yang lahir di China dan kemudian diimpor ke berbagai negara. Hal ini dikarenakan, perusahaan China lebih suka membidik baterai daripada memantau notifikasi secara konstan, juga karena Google tidak ada di sana.

Nah, jika itu terjadi pada Anda, maka jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi notifikasi telat pada Xiaomi tersebut. Bagaimana cara mengatasi notifikasi terlambat itu? Ini sangat mudah dan sederhana, jadi jangan tutup web ini jika ingin tahu solusi mengatasi notifikasi telat di Xiaomi.

Penyebab Notifikasi Xiaomi Telat

Sebuah masalah atau error pada smartphone akan timbul karena ada sebabnya. Tentu saja ada hal yang menyebabkan mengapa pemberitahuan di HP Xiaomi telat, ini harus dicari tahu dengan jelas.

Penyebab notifikasi sejumlah aplikasi dan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line dan lain sebagainya telat ialah karena fitur penghemat baterai serta fitur keamanan yang dimiliki Xiaomi auto start, sehingga membuat aplikasi yang seharusnya selalu standby di background menjadi terhenti jika fitur ini diakses.

Banyak pengguna merasa tidak nyaman dengan keterlambatan ini. Mereka telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah mulai dari update versi MIUI, install ulang aplikasi hingga reset HP Xiaomi agar notifikasi tidak telat, namun beberapa tidak berhasil mengatasinya.

Update versi MIUI memang berhasil menghilangkan laporan bug di Xiaomi, namun itu juga tidak selalu berhasil mengatasi notifikasi telat. Sedangkan, untuk reset memang berhasil karena mengembalikan semua pengaturan ke setelah pabrik, namun dirasa kurang efektif karena semua data hilang.

Mengacu pada penyebab di atas, sebenarnya untuk mengatasi notifikasi telat pada MIUI tidak harus dengan reset. Tapi ada cara lebih mudah dan simpel lagi yaitu sebagai berikut.

Cara Mengatasi Notifikasi Telat di Xiaomi

Cara Mengatasi Notifikasi Telat di Xiaomi

Notifikasi telat paling sering terjadi pada aplikasi-aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Line serta juga bisa terjadi pada aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, Youtube dan lain sebagainya. Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda bisa segera mengatasinya.

Cara mengatasi pemberitahuan terlambat di Xiaomi bukanlah pekerjaan sulit, karena memang sangat mudah dan sederhana. Meskipun terbilang mudah, akan tetapi masih banyak pengguna yang tidak mengetahui cara mengatasi masalah notifikasi pada smartphone merek Xiaomi.

Nah, buat Anda yang belum mengetahui cara untuk mengatasi masalah notifikasi pada MIUI, maka langsung saja Anda simak cara mengatasi notifikasi telat pada HP Xiaomi di bawah ini.

1. Matikan Fitur Battery Saver

1. Matikan Fitur Battery Saver

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah menonaktifkan fitur battery saver bawaan Xiaomi. Cara ini terbilang cukup efektif dan berhasil mengatasi pemberitahuan yang terlambat pada smartphone Xiaomi.

Lalu, bagaimana cara mematikan fitur ini? Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Bukalah menu Setting di HP Xiaomi Anda.
  • Kemudian, tekan Battery & Performance.
  • Langkah berikutnya, pilih opsi Power.
  • Selanjutnya, pilihlah Battery Saver.
  • Lalu, tinggal set ke OFF untuk mematikannya.

2. Tetap Jalankan Aplikasi di Latar Belakang

2. Tetap Jalankan Aplikasi di Latar Belakang

Cara lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa aplikasi yang ingin Anda terima notifikasinya secara instan tidak ditutup di latar belakang. Untuk memastikan itu tidak terjadi, berikut caranya.

  • Buka menu Setting.
  • Selanjutnya, pilih Battery & Performance.
  • Lalu, Manage Apps Battery Usage dan kemudian klik OFF agar HP Xiaomi tidak membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Namun, cara di atas bisa mematikan semua, sehingga semua aplikasi bisa berjalan di belakang layar dan bisa membuat baterai menjadi boros ataupun menghabiskan kuota internet. Namun, tak perlu khawatir karena opsi ke-2 memungkinkan Anda memilih aplikasi yang diizinkan berjalan di Background.

  • Langkah pertama, bukalah menu Pengaturan di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, silahkan pilih menu Battery & Perfomance.
  • Berikutnya, tekan Manage Apps Battery Usage dan tekan ON.
  • Kemudian, tekan Choose Apps.
  • Lalu, cari aplikasi yang Anda inginkan agar selalu berjalan di background. Misalnya saja WhatsApp, maka cari aplikasi WhatsApp dan tekan No Restriction.

3. Izinkan Aplikasi Melakukan Autostart

3. Izinkan Aplikasi Melakukan Autostart

Pengaturan default Xiaomi memang tidak mengizinkan aplikasi bisa berjalan secara otomatis, kecuali pengguna mengaktifkannya. Apabila ada aplikasi yang ditutup oleh sistem, misalkan karena RAM kurang, maka aplikasi tersebut tidak bisa berjalan kembali, kecuali pengguna membuka aplikasi itu.

Hal ini membuat Anda telat mendapatkan notifikasi aplikasi tersebut. Nah, jika hal itu terjadi, ada cara untuk mengatasi masalah ini yaitu sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka aplikasi bawaan HP Xiaomi bernama Security.
  • Kemudian, silahkan tekan Permisions.
  • Setelah itu, tinggal klik Autostart dan pilih aplikasi yang inginkan untuk selalu menyala. Lalu, tekan ON.

4. Terima Notifikasi di Layar Kunci

4. Terima Notifikasi di Layar Kunci

Terkadang notifikasi tiba ketika smartphone tidak terkunci. Disisi lain, ketika smartphone tidak terkunci, Anda mungkin tidak menerima notifikasi. Jika hal itu terjadi, berikut cara mengatasi masalah tersebut.

  • Langkah pertama, buka menu Setting.
  • Kemudian, silahkan pilih menu Battery & Performance.
  • Setelah itu, tekan icon roda gigi di sudut kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih Battery Saver dan non aktifkan toggle Jangan Nyalakan Layar Notifikasi.

5. Kunci Aplikasi Sebelum Menutup

5. Kunci Aplikasi Sebelum Menutup

Langkah selanjutnya, untuk mengatasi notifikasi telat pada MIUI yakni dengan mengunci aplikasi di layar multitasking. Anda bisa membuka layar ini dengan menggunakan tombol navigasi atau menggunakan isyarat (geser dari bawah ke atas).

Pertama silahkan tahan jari Anda pada aplikasi yang ingin dikunci hingga muncul menu opsi tambahan. Klik ikon gembok agar aplikasi terkunci sehingga tidak menutup ketika ponsel terkunci.

Setelah Anda melakukan cara-cara di atas, maka kini masalah notifikasi telat di Xiaomi telah teratasi. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi melewatkan pesan penting dari aplikasi terkait.

Nah, itulah informasi lengkap dari iteachandroid.com terkait cara mengatasi notifikasi telat di Xiaomi. Dengan cara-cara di atas, maka tidak ada lagi yang namanya notifikasi terlambat dari aplikasi Anda di HP Xiaomi. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas membantu.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *