8 Cara Mengunci WhatsApp Agar Tidak Bisa Disadap Orang Lain

8 Cara Mengunci WhatsApp Agar Tidak Bisa Disadap Orang Lain

Cara Mengunci WhatsApp Agar Tidak Bisa Disadap – Salah satu aplikasi chatting terbaik dan paling populer, WhatsApp memang banyak digunakan dari berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik yang membuat pengguna betah.

Meskipun dilengkapi fitur perlindungan enkripsi, namun WhatsApp tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan pesan menggunakan password. Hal ini memungkinkan chat atau pesan WhatsApp mudah disadap oleh orang lain.

Apabila kamu merasa terganggu chat WA disadap oleh orang lain, seperti pacar atau gebetan, maka kamu bisa mengunci akun WhatsApp tersebut. Meskipun sejatinya, WhatsApp sendiri belum menyediakan fitur mengunci pesan, namun ada trik tersendiri untuk mengamankannya.

Cara mengunci WhatsApp agar tidak bisa disadap akan sangat membantumu mengamankan pesan pribadi di WA dari tangan orang lain terutama hacker. Adapun caranya mengunci chatting agar tidak disadap yakni sebagai berikut.

Cara Mengetaui WhatsApp Disadap atau Tidak

Cara Mengetaui WhatsApp Disadap atau Tidak

Sebelum memutuskan untuk mengunci WhatsApp, ada baiknya kenali terlebih dahulu ciri-ciri WA milikmu disadap atau tidak. Hal ini perlu dilakukan agar tidak saling tuduh satu sama lain.

Selain itu, dengan mengenali ciri-ciri WhatsApp disadap atau tidak, kamu juga jadi lebih waspada sekaligus jika tidak terbukti disadap maka kamu akan lebih nyaman mengakses aplikasi WhatsApp. Adapun ciri-ciri WhatsApp disadap yakni sebagai berikut.

1. Pesan Sudah Dibaca

Ciri pertama yaitu pada saat merasa menerima pesan dari seseorang dan kamu belum pernah membuka pesan tersebut, tapi pada saat membukanya ternyata pesan tersebut telah terbaca dan bahkan sudah dibalas. Hal ini kemungkinan besar akun WA kamu telah disadap orang lain.

2. Sulit Login

Tanda-tanda WA disadap selanjutnya yaitu kesulitan untuk login. Hal ini sangat memungkinkan, pasalnya WhatsApp hanya bisa digunakan oleh satu ponsel saja sehingga ketika ada nomor lain yang menggunakan WA milikmu, maka kamu akan sulit melakukan login.

3. Tidak Bisa WhatsApp Call

Selain pesan tiba-tiba sudah terbaca, ketika kamu tidak bisa menggunakan fitur WhatsApp call ini juga perlu diwaspadai. Pasalnya ketika HP kamu sedang disadap, biasanya tidak bisa melakukan WhatsApp call.

4. Baterai Boros dan HP Cepat Panas

Ini sebenarnya seperti cara kerja aplikasi berjalan di belakang layar. Hanya saja sifatnya tanpa sepengetahuan kamu. Dimana meskipun kamu tidak mengakses WA bahkan aplikasi lain, itu kemungkinan besar ada orang yang sedang mengakses aplikasi WA milikmu, sehingga baterai boros dan HP cepat panas.

Cara Mengunci WhatsApp Agar Tidak Bisa Disadap

Cara Mengunci WhatsApp Agar Tidak Bisa Disadap

Agar akun WhatsApp tidak disadap oleh orang lain, maka solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan mengunci WA itu sendiri. Cara mengunci WhatsApp agar tidak bisa disadap bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Aktifkan Two Step Verification

1. Aktifkan Two Step Verification

Cara pertama yaitu dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Cara ini memungkinkanmu untuk memasukkan PIN dan email sebagai verifikator pada saat ada perangkat lain mencoba login ke akun WhatsApp milikmu.

Jadi, ketika ada orang lain login ke akun WhatsApp milikmu, maka ia harus memasukkan 6 digit kode rahasia yang kamu daftarkan. Adapun untuk menggunakannya, kamu perlu mengaktifkan fitur ini dengan cara sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Tekan icon “3 Titik” di sudut kanan atas dan pilih menu “Setelan” di bagian bawah.
  • Setelah itu, pilih menu “Akun” pada halaman profil.
  • Kemudian, pilih “Verifikasi dua langkah” dan buat 6 digit kode rahasia.
  • Jika sudah membuat kode rahasia, klik “Lanjut” dan selesai.
  • Kini WhatsApp-mu tidak bisa disadap dengan mudah.

2. Logout WhatsApp Web

2. Logout WhatsApp Web

Cara kedua agar terhindar dari penyadap WhatsApp yaitu dengan mengunci akses WhatsApp web. Pengguna bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun-mu lewat WhatsApp web dan logout semuanya dengan cara berikut.

  • Bukalah aplikasi WhatsApp.
  • Lalu, tekan opsi “3 Titik” di pojok kanan atas dan pilihlah “WhatsApp Web“.
  • Kemudian, akan muncul daftar perangkat yang login menggunakan akun-mu.
  • Terakhir klik “Logout dari Semua Perangkat“.

3. Aktifkan Pemindai Fingerprint

3. Aktifkan Pemindai Fingerprint

Cara mengunci WhatsApp agar tidak disadap yaitu dengan mengaktifkan fitur pemindai sidik jari. Hal ini perlu dilakukan agar tidak sembarang pengguna masuk ke akun WA-mu dan memindai kode QR untuk menyadap. Untuk mengaktifkan fingerprint ikuti cara di bawah ini.

  • Masuk ke menu “Setelan” di aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, pilih “Akun“.
  • Setelah itu, pilih “Privasi“.
  • Lalu, pilih “Kunci Sidik Jari” dan aktifkan fitur tersebut.
  • Terakhir tinggal rekam sidik jari kamu.

4. Install Ulang WhatsApp

4. Install Ulang WhatsApp

Cara mengamankan akun agar tidak disadap oleh orang lain juga bisa dilakukan dengan install ulang WhatsApp. Ini bertujuan agar penyadap kehilangan akses WhatsApp milikmu.

Disarankan untuk menggunakan nomor HP yang sama dengan akun sebelumnya. Pasalnya, kode OTP WhatsApp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

5. Hapus atau Nonaktifkan Akun WhatsApp

5. Hapus atau Nonaktifkan Akun WhatsApp

Apabila melalui ciri-ciri di atas dan diketahui WhatsApp kamu telah disadap, maka kamu bisa segera MENGHAPUS AKUN WHATSAPP tersebut. Namun jika sayang untuk menghapusnya maka kamu bisa menonaktifkan akun tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup kirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan pesan “Lost/stolen: please deactivate my account” maka penonaktifan telah berhasil. Kamu memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkannya kembali, sebelum dihapus secara permanen.

6. Menggunakan Aplikasi LOCKit

6. Menggunakan Aplikasi LOCKit

Cara berikutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi bernama LOCKit. Aplikasi gratis ini bisa kamu dapatkan di Google Play dan sangat ampuh mengunci WhatsApp agar tidak mudah disadap. Untuk menggunakannya, berikut caranya.

  • Download aplikasi LOCKit di Google Play dan bukalah aplikasi tersebut setelah terpasang di smartphone milikmu.
  • Lalu, buat pola pengunci serta buat pola yang sama sekali lagi untuk mengonfirmasi.
  • Selanjutnya, muncul “Security Question” silahkan isi semuanya dengan relevan. Jika sudah tekan “Done“.
  • Kemudian, silahkan ceklis opsi WhatsApp dan aktifkan tombol “Protect” di bagian bawah.
  • Berikutnya, pilih “Permit” dan pilih “Lockit” untuk mengunci aplikasi WhatsApp.
  • Terakhir tinggal aktifkan “Permit Usage Access” maka WhatsApp selesai dikunci.

7. Pakai Aplikasi WhatsLock

7. Pakai Aplikasi WhatsLock

Cara mengunci WA agar tidak mudah disadap yaitu dengan menggunakan Whatslock. Cara ini akan mengunci WA dengan sangat aman, jadi coba instal WhatsLock. Maka ia akan menawarkan perlindungan ekstra dengan menyembunyikan icon aplikasi, folder gambar serta fitur proteksi kata kunci dan pola, buat mengunci WA.

Namun, WhatsLock ini merupakan aplikasi berbayar sebesar Rp. 139 ribu per bulan. Meskipun demikian, namun WhastLock ini benar-benar akan mengunci WhatsApp, sehingga tidak akan pernah bisa disadap oleh orang lain.

8. Pakai Aplikasi Chatlock+

8. Pakai Aplikasi Chatlock

Cara mengunci WA agar tidak disadap oleh orang lain juga bisa memanfaatkan aplikasi Chatlock+ secara gratis. Cukup instal Chatlock+ dan memasukkan 4 digit PIN.

Setelah itu, silahkan pilih WhatsApp agar Chatlock+ mendapatkan izin untuk mengunci WA. Selanjutnya, tinggal klik “ON” buat mengunci WhatsApp. Fitur pengunci ini juga bisa diatur berapa lama PIN aktif.

Itulah beberapa cara mengunci WhatsApp agar tidak disadap oleh orang lain yang dapat iteachandroid.com sajikan. Sebagai pemilik akun sudah sewajarnya menjaga privasi agar tidak ada orang lain mengakses dan mengetahui data pada akun WhatsApp yang dimiliki. Itu adalah hal paling penting dan harus diprioritaskan.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *