5 Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Semua Merk & Tipe 2021

5 Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Semua Merk & Tipe 2021

Cara Upgrade Versi Android Xiaomi – Update versi Android menjadi hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya dengan update versi Android, sebuah smartphone akan memiliki kinerja optimal dan stabil.

Selain itu, pembaharuan sistem juga akan memberikan fitur baru yang akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat Android. Itu bertujuan memberikan kepuasan kepada pengguna.

Xiaomi dengan sistem operasinya MIUI, menjadi perangkat lunak andalan mereka yang memiliki kualitas sangat baik. Jadi wajar saja, jika banyak orang lebih memilih menggunakan smartphone Android Xiaomi.

Untuk mendapatkan versi Android Xiaomi terbaru, maka pengguna perlu melakukan upgrade. Lantas bagaimana cara upgrade versi Android Xiaomi? Adapun caranya, langsung simak ulasan di bawah ini.

Cara Cek Kompabilitas Versi Android MIUI

Cara Cek Kompabilitas Versi Android MIUI

Namun, sebelum melakukan upgrade, periksa terlebih dahulu kompatibilitas HP Xiaomi dengan versi Android. Hal ini bertujuan untuk menghindari Bootloop setelah melakukan update ROM MIUI.

Selain itu, versi Android yang tidak kompetibel juga akan menyebabkan HP Xiaomi menjadi lemot dan bahkan bisa mengalami mati total. Adapun cara cek kompabilitas MIUI yaitu sebagai berikut.

1. Cek via About Phone

Cara pertama untuk mengecek kompabilitas versi MIUI yaitu melalui menu “Tentang Telepon“. Cara mengeceknya sangat mudah, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“. Kemudian, pilih “About Phone” di Xiaomi.

2. Cek Secara Online

Cara kedua, kamu bisa cek secara online di situs gsmarena.com. Caranya mudah, pertama kunjungi situs berikut ini gsmarena.com. Kemudian, tinggal cari tipe HP Xiaomi milikmu. Lalu, lihat dibagian “Platform“. Maka akan melihat informasi versi ROM MIUI tipe HP Xiaomi bisa di upgrade atau tidak.

Cara Upgrade Versi Android Xiaomi

Cara Upgrade Versi Android Xiaomi

Cara upgrade versi Android Xiaomi Note 4X, Redmi 5A, Note4, Redmi Note 5A Prime, Redmi Note 2, Note 3, Redmi 5 Plus dan semua tipe HP Xiaomi lainnya bisa dilakukan via OTA dan custom Recovery TWRP.

Upgrade versi Android sangat penting. Selain meningkatkan kinerja prosesor, upgrade sistem operasi Android juga menjadi cara paling efektif untuk MENGHILANGKAN LAPORAN BUG DI XIAOMI.

Maka dari itu, apabila telah mendapatkan pemberitahuan update MIUI sekaligus memeriksa versi MIUI telah kompatibel dengan HP Xiaomi, maka silahkan langsung upgrade dengan cara berikut ini.

1. Upgrade Android dengan OTA

Cara upgrade versi Android Xiaomi yang pertama dapat dilakukan melalui sistem Over The Air (OTA). Artinya, kamu bisa upgrade ROM versi terbaru langsung dari perangkat Xiaomi.

Ini akan memintamu untuk melakukan pembaharuan sistem perangkat lunak. Namun, sebelum upgrade ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar proses pembaharuan berjalan lancar.

Dimana ukuran file sekitar 1,5GB, maka kamu perlu akses jaringan WiFi saat melakukan update file. Jika kamu menggunakan jaringan seluler, maka itu membutuhkan kota banyak dan sering gagal.

Syarat lainnya agar dapat menginstal MIUI versi terbaru yaitu dibutuhkan sekitar 2GB ruang penyimpanan kosong dengan daya baterai minimal 30%. Jika syarat telah terpenuhi, selanjutnya bisa langsung melakukan update. Adapun caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke menu “Pengaturan” di HP Xiaomi milikmu.
    Langkah pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan di HP Xiaomi milikmu.
  2. Kemudian, pilihlah menu “Tentang Telepon“.
    Kemudian pilihlah menu Tentang Telepon
  3. Langkah selanjutnya, silahkan pilih “Pembaharuan Sistem” atau klik pada bagian “MIUI“.
    Langkah selanjutnya silahkan pilih Pembaharuan Sistem atau klik pada bagian MIUI
  4. Selanjutnya, silahkan klik “Unduh Pembaharuan“.
    Selanjutnya silahkan klik Unduh Pembaharuan
  5. Selanjutnya, tinggal tunggu hingga proses download selesai. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung ukuran file dan jaringan internet, kurang lebih sekitar 5-10 menit.
    Selanjutnya tinggal tunggu hingga proses download selesai.
  6. Jika ROM MIUI selesai diunduh, selanjutnya tekan “Mulai Ulang Sekarang“, maka sistem akan memulai ulang perangkat Xiaomi. Tunggu hingga 100% dan jangan matikan HP.
    selanjutnya tekan Mulai Ulang Sekarang maka sistem akan memulai ulang perangkat Xiaomi
  7. Jika sudah, maka secara otomatis sistem akan melakukan reboot.
  8. Setelah proses reboot selesai, maka HP Xiaomi milikmu akan menyala dengan sendirinya dengan versi MIUI terbaru.
    Setelah proses reboot selesai maka HP Xiaomi milikmu akan menyala dengan sendirinya dengan versi MIUI terbaru

2. Upgrade Android Secara Manual

Upgrade Android Secara Manual

Untuk cara kedua, kamu bisa melakukan upgrade dengan cara manual. Dimana firmware atau ROM terbaru di download secara manual terlebih dahulu. Kamu bisa mendownload firmware dimana saja.

Namun disarankan untuk mendownload ROM di situs resmi MIUI sesuai dengan merek dan tipe HP Xiaomi milikmu. Jika berbeda dengan tipe HP Xiaomi milikmu, maka proses instalasi tidak bisa dilakukan, bahkan mungkin akan berhenti ditengah jalan dan itu menyebabkan bootloop.

  1. Langkah pertama, silahkan download versi ROM sesuai tipe HP Xiaomi milikmu melalui situs c.mi.com.
  2. Kemudian, masukkan tipe HP Xiaomi milikmu. Lalu, klik “Submit“.
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan baru. Silahkan tekan “Unduh Full ROM“.
  4. Setelah itu, tinggal tunggu hingga proses download-nya selesai.
  5. Setelah ROM berhasil di download, silahkan masuk ke menu “Pengaturan“.
  6. Kemudian, pilih “Tentang Ponsel“.
  7. Selanjutnya, pilih “Pembaharuan Sistem“.
  8. Lalu, klik “3 Titik” di sudut kanan atas. Lalu, tekan “Pilih Paket Pembaharuan“.
  9. Jika opsi “Pilih Paket Pembaharuan” tidak muncul, silahkan klik pada logo MIUI sebanyak 10 kali hingga muncul notifikasi “Tambahkan Fitur Pembaharuan Hidup“.
  10. Kemudian, kamu akan diarahkan ke “File Manager“. Silahkan cari folder tempat file ROM tersimpan.
  11. Setelah ketemu, tekan file tersebut, lalu tekan “Oke“.
  12. Tunggu hingga proses mendapatkan info selesai, pastikan perangkat terhubung dengan koneksi internet, baik WiFi maupun jaringan seluler.
  13. Jika sudah, maka akan langsung muncul pop up, langsung saja tekan “Berikutnya“.
  14. Langkah berikutnya, klik “Mulai Ulang dan Pembaharuan” untuk melakukan upgrade.
  15. Perangkat akan secara otomatis restart dan melakukan flash ROM recovery. Silahkan tunggu saja hingga masuk ke Homescreen.

3. Upgrade Android dengan Custom Recovery TWRP

Upgrade Android dengan Custom Recovery TWRP

Untuk cara selanjutnya, kamu bisa menginstal custom recovery TWRP. Namun, sebelum melakukan custom ROM, kamu perlu PASANG MAGISK DI XIAOMI terlebih dahulu. Selain itu, tipe HP Xiaomi kamu juga harus sudah unlock bootloader. Jika sudah, berikut caranya custom ROM Xiaomi.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke menu recoveri mode dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume UP + Power” hingga muncul logo Android.
  2. Selanjutnya, bersihkan data terlebih dahulu dengan cara klik “Wipe Data“.
  3. Setelah itu, silahkan pilih instal dan cari file update yang akan di instal.
  4. Selanjutnya, sistem akan melakukan proses instal.
  5. Setelah proses instal selesai, silahkan pilih “Reboot Sistem“.
  6. Terakhir tinggal tunggu hingga HP menyala sendiri yang berarti proses upgrade telah berhasil.

Manfaat Upgrade Versi Android Xiaomi

Manfaat Upgrade Versi Android Xiaomi

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwasanya upgrade versi Android ini sangat diperlukan. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, apabila tipe HP Xiaomi milikmu di upgrade ke versi terbaru. Adapun manfaat upgrade versi Android yaitu sebagai berikut.

  1. Meningkatkan versi sistem.
  2. Meningkatkan kinerja perangkat Android.
  3. Meningkatkan versi aplikasi.
  4. Meningkatkan kompabilitas.
  5. Meningkatkan keamanan ponsel.
  6. Meningkatkan user interface.
  7. Memperbaiki error dan bug,
  8. Menstabilkan perangkat.
  9. Mempercepat perangkat Android.
  10. Mendapatkan fitur Android terbaru.

Itulah beberapa cara upgrade versi Android Xiaomi semua merek dan tipe yang dapat iteachandroid.com sajikan. Dengan banyaknya opsi upgrade MIUI tentu saja kamu akan dengan mudah melakukan update ketika versi ROM MIUI terbaru terbit. Demikian, semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *