Inilah 5 Sebab HP Tidak Bisa Pembaruan Sistem - Iteachandroid

Inilah 5 Sebab HP Tidak Bisa Pembaruan Sistem

HP Tidak Bisa Pembaruan Sistem – Setiap HP, baik Android ataupun iOS melakukan pembaruan sistem merupakan hal yang terbilang penting. Mengingat pembaharuan sistem ini akan sangat berguna.

Pembaruan sistem ini akan meningkatkan kinerja smartphone sekaligus memperbaiki bug yang biasanya muncul pada HP yang baru rilis. Karena biasanya smartphone baru masih ada banyak bug.

Jika kamu pengguna Xiaomi, mungkin kamu sudah paham dimana pembaruan sistem menjadi salah satu cara untuk menghilangkan laporan bug di Xiaomi semua tipe yang kamu gunakan tersebut.

Namun kendala lain justru muncul, dimana ketika ingin update sistem ternyata malah tidak bisa. Lalu, apa penyebab smartphone tidak bisa pembaruan sistem? Berikut informasi selengkapnya.

Penyebab HP Tidak Bisa Pembaruan Sistem

Penyebab HP Tidak Bisa Pembaruan Sistem

HP tak mendapatkan pembaruan sistem bukanlah tanpa sebab yang jelas. Dimana ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan smartphone tersebut tidak bisa melakukan pembaruan.

Penyebab HP tidak bisa update software ini berlaku untuk semua merk HP mulai dari Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, iPhone dan lainnya. Berikut beberapa penyebab HP tidak bisa update sistem.

1. HP Sudah di Root

Apa bila HP tidak mendapatkan pembaruan, sedangkan HP lain telah mendapatkan update, maka kemungkinan besar HP tersebut telah di root. Mengapa HP yang di root tidak bisa update sistem?

Hal itu dikarenakan proses rooting akan menghapus Over The Air (OTA) update saat ada pembaharuan operasi di Android. Jika ingin update sistem operasi, maka harus melakukannya secara manual.

Kamu bisa mendownload update secara manual atau mungkin melakukan rooting dengan sistem operasi yang telah diupdate. Oleh sebab itu, pikirkanlah baik-baik sebelum melakukan root HP.

2. Menggunakan Custom Rom

Selain root, HP yang menggunakan custom rom juga membuatnya tidak mendapatkan pembaruan sistem dari pihak developer. Apalagi jika ingin custom rom, maka HP tersebut harus di root dulu.

Oleh sebab itu, mengapa smartphone kamu tak bisa update sistem. Nah, untuk bisa melakukan pembaruan sistem, biasanya pemilik HP akan kembali ke stock rom terlebih dahulu.

Nah, jika sistem sudah di update, maka nantinya bisa diganti lagi ke custom rom. Akan tetapi, di beberapa kasus HP yang sudah di custom rom dan kembali ke stock rom tetap tidak bisa update sistem.

3. Belum Ada Pembaruan Sistem

Penyebab lainnya kemungkinan karena belum ada pembaruan sistem. Mungkin saja perilisan software belum merata, jadi tunggu saja beberapa minggu dan biasanya akan muncul sendiri.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Selain itu, koneksi internet yang kurang stabil juga bisa menyebabkan HP tidak dapat melakukan pembaruan software. Mengingat pembaruan ini dilakukan secara online dengan koneksi internet.

Maka ketika koneksi internet tidak stabil, maka pembaruan sistem tidak dapat dilakukan. Maka dari itu, sebelum melakukan pembaruan, pastikan koneksi internet atau Wi-Fi kamu stabil.

5. Tidak Kebagian Pembaruan Sistem

Maksudnya dari tidak kebagian pembaruan sistem ialah bukan untuk type HP kamu. Dimana kerap kali perilisan software ditunjukan untuk type HP tertentu yang memang kompatibel.

Misalnya saja seperti Xiaomi yang merilis MIUI 12.5, dimana tidak semua type HP Xiaomi akan mendapatkan update ini. Jadi bisa saja software yang dirilis bukan untuk type HP kamu.

Manfaat Pembaruan Sistem HP

Manfaat Pembaruan Sistem HP

Seperti sudah kami singgung di atas, bahwasanya pembaruan sistem ini sangat penting, karena bisa meningkatkan kinerja smartphone sekaligus bisa menghilangkan bug pada smartphone tersebut.

Bukan hanya itu saja, namun pembaruan sistem juga akan memberikan manfaat lain. Lantas, apa saja manfaat pembaruan sistem? Adapun beberapa manfaat tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Menghilangkan berbagai jenis bug pada smartphone.
  2. Meningkatkan keamanan HP agar tidak mudah diretas.
  3. Meningkatkan kinerja HP agar semakin stabil.
  4. Meningkatkan performa baterai agar lebih hemat.
  5. Menambah fitur canggih.
  6. Mengubah tampilan antar muka yang lebih baru dan fresh.
  7. Mendapatkan update resmi dari Google.

Nah, demikianlah informasi lengkap dari iteachandroid.com terkait alasan mengapa HP tidak bisa pembaruan sistem. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *