Arti Wipe Data, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Arti Wipe Data

Arti Wipe Data – Tak bisa dipungkiri, bahwasanya setiap smartphone tidak selalu berjalan dengan baik, sangat memungkinkan terjadinya error. Pemilik smartphone pastinya pernah merasakan perangkat yang digunakan mengalami penurunan performa, terjadi lag, hang dan bug, serta masalah sistem lainnya.

Semua itu dikatakan wajar, sebab tidak ada sistem yang diciptakan manusia itu sempurna dan pasti akan mengalami kendala semakin lama usia pemakaian. Namun hal itu seperti masalah biasanya yang mudah diatasi, sebab ada banyak cara untuk memperbaiki ponsel, salah satunya dengan wipe data.

Wipe data bukanlah sesuatu yang asing bagi pengguna ponsel pintar, karena ini adalah metode yang banyak digunakan untuk memulihkan ponsel dari masalah ringan maupun berat. Dengan kata lain, wipe data ini sangat membantu dan memiliki banyak manfaat dalam memperbaiki ponsel dari error.

Meskipun memiliki cukup banyak manfaat, nyatanya masih banyak pengguna yang belum begitu paham akan arti dari pemulihan ini. Jika Anda juga belum mengetahuinya, maka tak usah khawatir karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan arti wipe data, fungsi, kegunaan, kelebihan dan kekurangannya.

Arti Wipe Data

Arti Wipe Data

Apakah wipe data adalah factory reset? Itu tidak sepenuhnya salah, karena keduanya sama-sama berguna untuk menghilangkan data yang tersimpan pada ponsel. Namun, wipe data lebih dikenal luas sebagai hard reset oleh para pengguna smartphone dan itu mungkin terdengar lebih masuk akal.

Lalu, apa arti sebenarnya dari wipe data? Wipe, berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti menghapus. Sedangkan arti Data adalah hal-hal atau beragam informasi yang tersimpan dalam ponsel. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti Wipe Data adalah proses menghapus seluruh data pada perangkat Android sampai tidak tersisa.

Wipe data proses menghapus data secara logis dari media baca/tulis sehingga tidak dapat dibaca lagi. Dilakukan secara eksternal dengan menyambungkan media penyimpanan secara fisik ke perangkat penghapus massal perangkat keras, atau secara internal dengan mem-boot PC dari CD atau jaringan, ini adalah proses tak merusak yang memungkinkan media digunakan kembali dengan aman tanpa kehilangan kapasitas penyimpanan atau kebocoran data.

Fungsi Wipe Data

Fungsi Wipe Data

Dari arti di atas, maka sudah dapat diketahui apa fungsinya, dimana fungsi utamanya adalah untuk menghapus seluruh data pada perangkat Android sampai tidak tersisa. Meskipun demikian, namun banyak pengguna yang memanfaatkan wipe data untuk fungsi lain padan smartphone.

Wipe data atau factory reset dinilai oleh pengguna juga bermanfaat untuk mengatasi Android System WebView terus berhenti, melonggarkan ruang penyimpanan, menghilangkan error, meningkatkan performa ponsel, dan masih banyak lagi manfaat serta fungsi dari sistem penghapusan data ini.

Selain itu, wipe data juga dibutuhkan pada saat seseorang akan menjual ponsel atau memberikan ponselnya kepada orang lain. Sehingga data-data pribadi yang ponsel miliki, tak tersebar ke tangan orang lain saat HP itu ganti pemilik.

Kelebihan & Kekurangan Wipe Data

Kelebihan Kekurangan Wipe Data

Berdasarkan arti dan fungsi di atas, Anda akan mendapatkan keuntungan jika melakukan wipe data, namun itu juga memberikan resiko tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan wipe data.

Kelebihan

  • Ponsel bersih dari virus dan malware.
  • Kinerja ponsel menjadi optimal.
  • Menghapus aplikasi dan data ke akar-akarnya.
  • Membersihkan file yang tidak berguna.
  • Ruang penyimpanan menjadi longgar.

Kekurangan

  • Semua data pribadi, baik dalam bentuk file, foto, video dan dokumen akan terhapus.
  • Data yang sudah di wipe data dapat dikembalikan lagi dengan bantuan tool. Jadi akan berbahaya jika ponsel berganti pemilik pada tangan orang yang tidak tepat.

Cara Aman Melakukan Wipe Data

Cara Aman Melakukan Wipe Data

Sejatinya tidak ada cara ampuh untuk benar-benar menghapus seluruh data di ponsel. Akan tetapi beberapa cara di bawah ini dapat membantu menjaga data pribadi Anda tetap aman.

Enskripsi Ponsel

Adapun cara melakukan enskripsi ponsel yaitu sebagai berikut ini :

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan.
  2. Kemudian, pilihlah menu Security.
  3. Lalu, scroll kebawah dan cari menu Enkripsi Ponsel.
  4. Selanjutnya, lakukan Factory Reset.

Dengan melakukan enskripsi ponsel, maka data yang tidak sepenuhnya terhapus pada ponsel akan menjadi acak-acakan, sehingga orang lain yang berniat buruk tidak akan mudah dalam mengotak-atik data pada ponsel Anda.

Memenuhi Ponsel Dengan Sampah

Solusi sederhana lainnya adalah dengan menumpuk data dengan file sampah lain. Data lama Anda susah terhapus setelah melakukan wipe data, ternyata dapat menghilang dengan sendirinya jika menumpuknya dengan sampah-sampah lain. Alias membuat data-data itu tenggelam dan hampir-hampir membuatnya tak bisa dilihat lagi.

Nah, itulah informasi lengkap dari iteachandroid.com terkait arti wipe data, fungsi, manfaat, keuntungan, kelebihan, kekurangan dan resiko. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Samoro

Mahasiswa S1 Telekomunikasi di Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menulis di Website Iteachandroid.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.